Ada 11 Tol Gratis Selama Mudik Lebaran 2023, Ini Daftarnya

Ada 11 Tol Gratis Selama Mudik Lebaran 2023, Ini Daftarnya

Jakarta – Pada momen mudik Lebaran 2023, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mengoperasikan sebanyak 11 ruas tol fungsional dan kabar baiknya tidak dipungut biaya alias gratis.

Rinciannya, ada tujuh ruas tol baru di Pulau Jawa, dan empat ruas tol baru di Sumatra dengan total panjang 222 kilometer. Tol fungsional ini bertujuan membagi volume lalu lintas saat ada kepadatan di ruas tol. Hanya saja, memang kondisi masih dalam proses kontruksi.

Meski begitu, ruas tol tersebut telah melewati uji kelayakan dan dilengkapi beberapa fasilitas sementara. Mulai dari toilet dan warung-warung kecil di rest area sementara.

“Pada 11 ruas tersebut akan kami siapkan Rest Area sementara dengan fasilitas toilet, mobile BBM dan juga gardu makanan-minuman secara sederhana,” ujar Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja dikutip, Sabtu, 15 April 2023.

Merangkum berbagai sumber, berikut daftar lengkap tol fungsional di Jawa dan Sumatra:

Tol Fungsional Gratis Pulau Jawa

Ruas tol fungsional di Pulau Jawa meliputi Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu) Seksi 4-6 dan ruas Cimalaka–Dawuan sepanjang 28,2 km.

Saat ini, Tol Cisumdawu Seksi 1,2, dan 3 telah beroperasi normal dengan lebar 4 lajur, sedangkan Seksi 4,5, dan 6 baru akan dibuka secara fungsional.

Lalu, ada Tol Ciawi–Sukabumi Seksi 2 Cigombong-Cibadak (11,9 km) dan Tol Solo–Yogyakarta–NYIA Kulon Progo untuk sebagian Seksi 1.1 sepanjang 6,1 km.

Kemudian, ruas Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 dari Simpang Susun (SS) Sadang – SS Kutanegara (28,7 km), Tol Cimanggis–Cibitung Seksi 2A Jatikarya–Cikeas (3,5 km), Tol Pasuruan–Probolinggo Seksi 4A Probolinggo Timur–IC Gending (8,6 km), serta tol Cibitung – Cilincing Seksi 4 Taruma Jaya – Cilincing (7,3 Km).

Tol Fungsional Gratis Pulau Sumatra

Untuk di Pulau Sumatra terdapat empat ruas tol berpotensi untuk dibuka fungsional. Di antaranya yakni Tol Kuala Tanjung–Tebing Tinggi Segmen Tebing Tinggi–SS Inderapura (28,5 km) dan Segmen Dolok Merawan–Sinaksak (15,6 km).

Ada juga Tol Sigli–Banda Aceh Seksi 5–6 Blang Bintang–Baitussalam (12,7 km), Tol Binjai–Langsa Seksi 2 Stabat–Jalan Proklamasi (7,2 km), Simpang Indralaya–Muara Enim, dan Seksi Simpang Indralaya–Prabumulih (63,5 km).(*)

Related Posts

News Update

Top News