Keuangan

ACA dan CFO ACA Raih Penghargaan di Top 20 Financial Institutions Awards 2024

Jakarta – PT Asuransi Central Asia (ACA) berhasil memboyong dua penghargaan dalam Top 20 Financial Institutions Awards 2024 yang digelar The Finance, di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2024.

Dalam ajang bergengsi tersebut, penghargaan pertama yang diraih ACA yaitu Top 20 Asuransi Umum kategori Perusahaan Asuransi Umum Berpremi Bruto Rp2,5 triliun ke Atas.

Penghargaan itu diperoleh ACA berdasarkan performa, yang bahan baku utamanya adalah laporan keuangan dalam tiga periode terakhir, yakni dari 2021 hingga 2023.

Selama periode tersebut, ACA berhasil mencatatkan kinerja positif, sehingga The Finance memberikan skor atau nilai 85,50.

Baca juga: 179 Lembaga Keuangan Dianugerahi Penghargaan Top 20 Financial Institutions Award 2024

Sedangkan penghargaan kedua yang diraih ACA adalah Best CFO 2024 pada kategori perusahaan asuransi umum dengan premi bruto Rp2,5 triliun ke atas yang diterima Indrawati Darmawan sebagai Direktur Keuangan, Investasi, TI, dan Umum.

Kedua penghargaan tersebut diserahkan langsung kepada Indrawati Darmawan oleh Chairman Infobank Media Group sekaligus Pemimpin Redaksi The Finance, Eko B. Supriyanto bersama Direktur Infobank Digital Inisiatif Asia (IDIA), Apriyani Kurniasih.

Peringkat 5

Adapun, Asuransi Central Asia menempati posisi ke-5, dengan perolehan laba sebelum zakat pada tahun 2023 sebanyak Rp455,38 miliar.

Tidak hanya itu, ACA juga tercatat memperoleh pendapatan premi bruto di tahun 2023 sebanyak Rp3,99 triliun dan menghasilkan pendapatan premi neto sebesar Rp1,43 triliun.

Sementara itu, ACA juga berhasil mencatatkan modal sendiri di sepanjang tahun 2023 sebesar Rp7,17 triliun, dengan total aset pada periode yang sama senilai Rp14,40 triliun.

Lalu, untuk total investasi dari Asuransi Central Asia sendiri mencapai Rp7,48 triliun di sepanjang tahun 2023, sedangkan untuk utang tercatat di periode tersebut sebesar Rp1,97 triliun. (*)

Editor: Yulian Saputra

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Gelar RUPSLB, BEI Proyeksikan Pendapatan Tumbuh 9,01 Persen di 2025

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari ini, Rabu, 23 Oktober 2024, telah… Read More

10 mins ago

Ditopang Likuiditas Kuat, Bank Banten Siap Percepat Ekspansi Kredit

Tangerang – Upaya Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk atau Bank Banten meningkatkan kepercayaan masyarakat mulai… Read More

34 mins ago

Komitmen Dukung Startup RI, Danamon dan MUFG Investasi Dana USD100 Juta

Jakarta – Danamon bersama MUFG dan anggota grup perusahaannya mendukung pertumbuhan startup di Indonesia melalui MUIP… Read More

36 mins ago

Makin Suram! 2 dari 3 Gen Z Pesimistis Mampu Beli Rumah

Jakarta – Survei terbaru dari Inventure menunjukan sebanyak 2 dari 3 generasi Z (Gen Z) pesimistis untuk memiliki… Read More

51 mins ago

Daya Beli Anjlok, Kebutuhan Skincare Masih jadi Primadona Gen Z

Jakarta – Di tengah kondisi daya beli menurun, kebutuhan skincare masih menjadi primadona bagi generasi Z (Gen… Read More

1 hour ago

Survei Inventure: 92 Persen Kelas Menengah Tolak Kenaikan PPN 12 Persen

Jakarta – Berdasarkan survei terbaru dari Inventure, sebanyak 92 persen kelas menengah menginginkan Presiden Prabowo Subianto membatalkan… Read More

1 hour ago