Tips Hindari Hoax Seputar Vaksin dan Covid-19

Tips Hindari Hoax Seputar Vaksin dan Covid-19

Jakarta – Di tengah pandemi, hoax seputar vaksinasi dan Covid-19 terus beredar di media sosial. Agar tak termakan berita bohong, anda perlu memyaring berita-berita bohong tersebut. Lalu, bagaimana caranya? Berikut ulasannya.Periksa sumber berita

Pertama, anda dapat memeriksa sumber berita yang sedang anda baca. Pastikan untuk tidak langsung mempercayai berita yang berasal dari sumber tidak kredibel. Anda dapat mengecek berita yang anda dapatkan dengan portal media nasional. Apabila berita tersebut sama dengan beberapa portal berita kredibel, berita yang anda dapat kemungkinan benar.

Verifikasi Gambar dan Video

Tak jarang, berita yang anda dapat akan berbentuk video dan gambar. Untuk memeriksanya, gunakan alat seperti Google Reverse Image Search, RevEye, dan InVid untuk menemukan konteks asli gambar atau video yang anda lihat di media sosial. (Jika Anda dapat mengunggah foto ke Facebook, anda dapat menggunakan alat ini.

Hindari headline berlebihan

Kerap kali, berita-berita hoax menggunakan headline berlebihan dan bombastis untuk menarik perhatian pembaca. Jika melihat judul berita yang demikian, anda perlu curiga. Terdapat kemungkinan berita tersebut adalah berita bohong. Seperti dua poin sebelumnya, anda perlu mengecek ulang berita yang anda dapatkan dengan sumber terpercaya.

Jangan langsung share

Terakhir, pastikan anda mengetahui kebenaran berita yang didapatkan sebelum membagikan atau share ke orang lain. Dengan lebih skeptis, anda dapat mencegah peredaran berita bohong di media sosial. Jika perlu, anda bisa menkonsultasikannya dengan sumber terpercaya seperti dokter dan tenaga kesehatan lainnya.

Berikut adalah cara untuk menghindari dan sekaligus mencegah peredaran berita bohong. Pastikan anda menerapkannya untuk mengurangi hoax yang beredar di masyarakat. (*) Evan Yulian Philaret

Related Posts

News Update

Top News