Lifestyle

7 Destinasi untuk Rayakan Tahun Baru, Yuk! Nabung dari Sekarang

Jakarta – Liburan tahun baru adalah salah satu hari libur yang ditunggu dan merupakan waktu yang tepat untuk merayakan pergantian tahun dan menikmati waktu luang bersama keluarga dan teman-teman. Tahun baru memang masih beberapa bulan lagi, tapi tidak ada salahnya jika Anda menyiapkan dari sekarang.

Karena masih beberapa bulan lagi, Anda bisa menyiapkan semuanya dari awal. Misalnya menyiapkan rekening bank khusus untuk anggaran berlibur sampai “mencicil” akomodasi mulai dari tiket pesawat sampai membayar hotel. Hal ini tentu saja bisa membantu Anda menyiapkan liburan dengan lebih baik mengingat harga akomodasi jelang liburan bisa naik berkali lipat.

Sebelum membahas lebih jauh dan membuat list destinasi, berikut adalah beberapa ide untuk liburan tahun baru yang menyenangkan:

  1. Berlibur ke tempat baru. Anda dapat merencanakan perjalanan ke destinasi yang menarik yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Pilihlah tempat yang menawarkan pemandangan indah, acara perayaan, atau aktivitas khusus tahun baru. Beberapa pilihan populer termasuk kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, hingga kota besar di luar negeri seperti Singapura, Tokyo hingga New York.
  2. Liburan pantai. Jika Anda suka pantai, pertimbangkan untuk pergi ke destinasi pantai yang indah. Nikmati waktu berjemur di pasir putih, berenang di laut, atau bahkan menyaksikan pertunjukan kembang api khusus tahun baru di tepi pantai. Indonesia memiliki banyak pantai indah yang bisa dikunjungi misalnya bali.
  3. Perayaan di rumah. Jika Anda lebih suka merayakan tahun baru di rumah, Anda dapat mengundang teman dan keluarga untuk berkumpul dan merayakan bersama. Anda bisa mengadakan pesta dengan tema tahun baru, bermain permainan, menonton pertunjukan kembang api di televisi, atau mengadakan makan malam khusus.
  4. Liburan musim dingin. Jika Anda tinggal di daerah yang sedang musim dingin, Anda bisa memanfaatkannya untuk melakukan aktivitas seperti ski, snowboarding, atau menikmati suasana liburan musim dingin. Banyak resor ski menawarkan program khusus untuk liburan tahun baru yang mencakup acara-acara perayaan dan pertunjukan kembang api.
  5. Menghadiri acara khusus tahun baru. Banyak kota menyelenggarakan acara-acara khusus tahun baru, seperti konser musik, pesta jalanan, atau pertunjukan seni. Cari tahu acara-acara yang diadakan di kota Anda atau di kota tujuan Anda, dan nikmati suasana perayaan yang meriah.

Jika sudah tahu ingin berlibur dengan suasana seperti apa, di bawah ini adalah 7 destinasi pilihan yang bisa dituju untuk merayakan liburan tahun baru bersama keluarga ataupun teman-teman.

1. Pulau Bali

Pulau Dewata Bali menjadi salah satu destinasi paling populer di antara wisatawan. Bali menawarkan berbagai keindahan alam, budaya yang kaya, dan suasana yang menyenangkan. Banyak hal yang bisa Anda lakukan saat berlibur di Bali, misalnya:

Pesta pantai, acara di klub malam, makan malam mewah, meditasi dan yoga sampai menginap di vila pribadi.

Bali juga menawarkan beragam atraksi dan kegiatan yang bisa dinikmati bersama keluarga dan teman-teman. Jelajah pantai, mengunjungi pura, wisata ke museum hingga wisata kuliner. Bali menawarkan banyak sekali kuliner yang bisa dicoba. 

Lokasi di Bali yang bisa Anda coba untuk menghabiskan waktu merayakan tahun baru antara lain Pantai Kuta, Tanah Lot, Ubud, Pura Besakih dan Tegalalang. Lokasi lain yang juga tidak kalah menarik adalah Jimbaran, Nusa Dua dan Gunung Batur. 

2. Lombok

Sama seperti Bali, Lombok juga menawarkan pantai yang indah dan tidak kalah menakjubkan. Anda dapat mengunjungi Pantai Kuta Lombok yang terkenal dengan pasir putihnya, Pantai Tanjung Aan yang memiliki pemandangan indah, atau Pantai Selong Belanak yang cocok untuk berselancar.

Gili Trawangan merupakan salah satu destinasi favorit saat Anda berkunjung ke Lombok. Anda bisa melakukan banyak kegiatan seru di sana. Antara lain snorkling, bersepeda, berenang, menyaksikan pertunjukan seni dan tentu saja wisata kuliner.

Beberapa lokasi yang bisa Anda pilih saat berada di Lombok untuk menikmati suasana tahun baru adalah Pantai Kuta Lombok, Gili Trawangan-Gili Meno-Gili Air, Gunung Rinjani, Taman Nasional Lombok Barat dan tentu saja Desa Sade. 

3. Bandung

Masih di Indonesia, tepatnya di Jawa Barat. Bandung yang saat ini bisa ditempuh hanya dalam hitungan jam dari Jakarta juga tidak bisa diremehkan. Bandung memiliki banyak sekali hal yang bisa dijelajah. Mulai dari alam Bandung yang memesona sampai kulinernya.

Menjelajah kota lama Bandung bisa menjadi pilihan yang menarik. Jalan Braga di Bandung menawarkan pesona kota lama jaman penjajahan. Setelah puas menjelajah kota lama, Anda bisa juga wisata kuliner dan tentu saja belanja di factory outlet yang tersebar di penjuru kota.

Beberapa lokasi terkenal di Bandung adalah Jalan Braga, Gunung Tangkuban Perahu, Kawah Putih, Farm House Lembang, dan Pusat Kota Bandung. Pusat Kota ini menawarkan berbagai kuliner dan wisata belanja. 

4. Staycation di Jakarta

Bermalam di hotel yang berlokasi di pusat Jakarta juga bisa jadi pilihan. Jakarta memiliki banyak hotel mulai dari budget sampai hotel mewah yang menawarkan fasilitas dan pelayanan bermacam-macam. Beberapa contohnya adalah Hotel Mulia Senayan, Hotel Shangri-La Jakarta, dan Hotel Raffles Jakarta. Kawasan Jalan Sabang menawarkan hotel budget yang juga tidak kalah menarik.

Tak hanya pusat kota, Anda juga bisa bermalam di hotel yang letaknya di teluk Jakarta. Terdapat beberapa hotel di sepanjang pantai Jakarta yang menawarkan pemandangan indah dan akses mudah ke pantai. Hotel-hotel ini juga sering menyediakan fasilitas olahraga air dan restoran dengan hidangan laut segar. 

Monumen Nasional (Monas), Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Kota Tua adalah beberapa lokasi favorit di Jakarta. Berikutnya yang tidak kalah menarik adalah Ancol yang berada di teluk Jakarta.

5. Pulau Seribu

Jika Anda ingin menghindari kesibukan kota dan ingin bersantai di pantai, Anda dapat mempertimbangkan menginap di salah satu resort di Kepulauan Seribu. Ada beberapa pulau di Kepulauan Seribu yang memiliki resort dengan fasilitas lengkap, seperti Pulau Macan, Pulau Ayer, dan Pulau Bidadari. Anda dapat menikmati pantai berpasir putih, snorkeling, menyelam, dan menikmati kehidupan pulau yang tenang.

Pulau Pantara di gugusan Kepulauan Seribu bisa menjadi salah satu tujuan yang juga tidak kalah menarik. Berjarak 90 km di utara Jakarta, Pulau Pantara memiliki sebuah resort bernama Pulau Pantara Resort yang menawarkan akomodasi bagi pengunjung. Resort ini memiliki fasilitas kamar tidur yang nyaman dengan pemandangan laut, restoran, kolam renang, dan area pantai yang indah. Pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu untuk memastikan ketersediaan kamar.

6. Singapura

Singapura adalah sebuah negara kota yang terkenal karena kebersihan, keindahan arsitektur modernnya, dan berbagai atraksi wisata yang menarik. Merayakan Tahun Baru di Singapura adalah pengalaman yang seru dan penuh kegembiraan. 

Beberapa destinasi yang bisa dikunjungi antara lain Marina Bay Countdown, Gardens by the Bay, Siloso Beach Party, Clarke Quay dan The Float @ Marina Bay. Anda juga bisa menyusuri kota Singapura dengan menggunakan transportasi publik  yang tersedia hingga wisata kuliner yang bisa ditemui di Hawker Center di sana.

7. Jepang

Merayakan tahun baru di Jepang juga tak kalah unik. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan. Misalnya pergi ke kuil yang banyak tersebar di sana. Jelajah kota juga bisa menjadi hal yang menyenangkan belum lagi atraksi kembang api saat pergantian tahun.

Pada malam pergantian tahun, orang Jepang sering makan soba, mie gandum soba, yang disebut toshikoshi soba. Ini dilakukan sebagai simbol mengakhiri tahun lalu dan memulai yang baru dengan baik. Orang percaya bahwa dengan memakan soba, mereka akan memiliki umur panjang dan keberuntungan di tahun yang baru.

Beberapa kota yang menjadi favorit wisatawan saat berkunjung ke Jepang adalah Tokyo, Kyoto, Nara Hiroshima dan Osaka. Kota lainnya yang juga menarik adalah Hakone. Hakone adalah daerah wisata pegunungan yang terkenal dengan pemandangan Gunung Fuji dan sumber air panas (onsen) yang indah. 

Setelah membahas destinasi tujuan wisata saat tahun baru, saatnya atur siasat bagaimana menabung untuk liburan tersebut. Dengan menabung, liburan akan menjadi lebih tenang karena Anda tidak perlu lagi bingung soal budget dan tentu saja bisa menyesuaikan dengan anggaran yang ditetapkan. 

Pertama, Anda bisa buka rekening bank yang khusus diperuntukkan sebagai “kantong” menyimpan dana liburan. Dengan kantong khusus ini, Anda tidak perlu khawatir akan mengganggu rekening operasional harian. Kedua, sisihkan sedikit dari gaji setiap bulannya untuk dimasukkan ke rekening bank khusus tersebut. Tidak hanya untuk liburan tahun baru, rekening khusus ini bisa diperuntukkan untuk keperluan liburan di momen selanjutnya.

Ketiga, sering-sering browsing untuk melihat promo menarik. Semakin cepat membeli akomodasi, maka Anda akan mendapatkan harga yang menarik. Apalagi buka rekening bank juga semakin mudah, bahkan bisa dilakukan hanya melalui ponsel saja. Ada beberapa cara bagaimana memilih rekening bank agar kebutuhan transaksi perbankan Anda semakin menyenangkan:

  1. Tentukan tujuan pembukaan rekening bank
  2. Pertimbangkan lokasi kantor cabang
  3. Memiliki aplikasi mobile banking
  4. Saldo awal saat pembukaan
  5. Customer Service yang mumpuni
  6. Biaya administrasi bulanan

Mengacu pada poin di atas, Anda bisa memilih PermataME untuk pilihan rekening perbankan Anda. PermataME merupakan produk tabungan digital, proses pembukaan rekening PermataME juga dilakukan secara online sehingga kamu tidak perlu lagi datang ke kantor cabang PermataBank.

Alasan kenapa PermataME bisa menjadi pilihan antara lain karena tabungan yang memberikan kebebasan bertransaksi. Kemudian PermataME juga gratis biaya admin, tarik tunai tanpa biaya di bank lain, kemudian gratis biaya tarik tunai di Indomaret, gratis transfer antar bank tanpa syarat, serta punya beragam promo. (*)

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Jakarta CREATORCON 2024 Sukses Menarik Animo Ratusan Konten Kreator RI

Jakarta – Jakarta CREATORCON 2024 sukses menyedot animo 920 konten kreator di Indonesia. Dengan menghubungkan… Read More

28 mins ago

Diduga Gunakan Skema Ponzi, Satgas PASTI Blokir Kegiatan PT XFA AI

Jakarta - Satuan Tugas Pemberantasan Aktivitas Keuangan Ilegal atau Satgas PASTI telah menerima pengaduan dan… Read More

45 mins ago

IHSG Berpotensi Menguat Terbatas, Berikut Sentimen Pendorongnya

Jakarta –  Pilarmas Investindo Sekuritas melihat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) secara teknikal hari ini… Read More

1 hour ago

Menilik Tantangan-Peluang Perajin Batik di Era Industri yang Menggeliat

Jakarta – Industri batik di Tanah Air menggeliat di tengah tantangan besar dari sisi produktivitas dan… Read More

10 hours ago

Inflasi Medis Melangit, Bundamedik Tempuh Langkah Ini

Jakarta - Inflasi kesehatan atau inflasi medis kini tengah menjadi sorotan sejumlah pihak. Meningkatnya biaya… Read More

11 hours ago

Prudential Indonesia-UNICEF Kolaborasi Dorong Partisipasi PAUD di NTT

Jakarta - PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) bersama Prudence Foundation berkolaborasi dengan UNICEF Indonesia… Read More

12 hours ago