65 Tahun Bank Danamon, Refleksi Keberhasilan Kolaborasi

65 Tahun Bank Danamon, Refleksi Keberhasilan Kolaborasi

Kuartal I-2020 Danamon Bukukan Laba Rp1,25 Triliun
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon) genap berusia 65 tahun pada 15 Juli 2021 lalu. Kiprah Bank Danamon dalam industri perbankan Indonesia diwarnai sederet prestasi dan inovasi. Hasilnya, Bank Danamon mengukuhkan posisi sebagai salah satu bank terbesar di Tanah Air. 

Kesuksesan tersebut tidak bisa lepas dari kolaborasi yang solid antara semua pihak. Kolaborasi membuat Bank Danamon bisa menghadirkan inovasi yang diwujudkan dalam produk dan program menarik, serta sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Salah satu kolaborasi terpenting yang dilakukan adalah bergabungnya Bank Danamon ke MUFG Bank Ltd pada 2019. Kolaborasi ini memberikan nilai tambah, tidak hanya bagi Bank Danamon, tapi juga nasabah.

“Perjalanan Panjang Bank Danamon selama 65 tahun tidak akan terjadi tanpa adanya kolaborasi. Ada pepatah yang mengatakan, ‘Kalau kamu mau berlari cepat, berlarilah sendiri. Kalau kamu mau berlari jauh, berlarilah bersama’. Ada banyak kesempatan dan ide yang mencerahkan perjalanan kami. Itulah spirit dari sebuah kolaborasi,” terang Yasushi Itagaki, Direktur Utama Bank Danamon dalam Live A Conversation with Mr. Yasushi Itagaki, 65 Years of Dedication & Growth Through Collaborations for Indonesia yang digelar secara virtual beberapa waktu lalu.

Perayaan ulang tahun Bank Danamon kali ini mengusung tema besar “Tumbuh Melalui Kolaborasi”. Bank Danamon juga menggelar “Festival Kolaborasi”, sebuah festival virtual yang menawarkan sejumlah rangkaian acara, mulai dari perjalanan Bank Danamon, bermacam promosi produk, hingga webinar yang diisi oleh banyak tokoh.

Yasushi yang menahkodai Bank Danamon sejak Oktober 2019 menyakini, kolaborasi adalah pilar utama keberhasilan Bank Danamon. Di masa pandemi sekarang ini, kolaborasi juga sangat penting. Bank Danamon optimis masa krisis ini bisa dilalui, dengan mengajak setiap masyarakat untuk bersatu dan berkolaborasi, bukan hanya agar bisa keluar dari tekanan pandemi, tapi juga menjadi lebih kuat. Selaras dengan visi Bank Danamon, yakni We Care and Enable Millions to Prosper, Yasushi menegaskan, people adalah hal terpenting, yang harus diutamakan dan dilayani dengan baik. Bila itu dilakukan, bisnis akan mengikuti dengan sendirinya. Maka, di masa pandemi, Bank Danamon terus memperhatikan nasabah, partner, dan komunitas sekitar dengan berfokus pada 3 pilar.

Pertama, menjaga kesehatan dan keselamatan karyawan. Kedua, memberikan pelayanan yang maksimal dan solusi untuk nasabah. Ketiga, menjaga bisnis tetap shareholders berkesinambungan untuk masyarakat Indonesia dan shareholders. “We stay committed to help our customers and community through out on the pandemic,” tegasnya.

Masa pandemi juga dijadikan Bank Danamon momentum mengakselerasi transformasi, khususnya di sektor teknologi digital. Dengan memperkuat dan mengembangkan layanan digital, tidak hanya membantu kegiatan operasional bisnis dan pelayanan nasabah di masa pandemi.

Pascapandemi pun, nasabah akan semakin dimanjakan dengan dukungan infrastruktur dan digital channel yang andal. Digitalisasi juga menjadi cara untuk menjangkau generasi muda. Bank Danamon mendorong nasabah untuk menggunakan layanan digital, seperti D-Bank dan Danamon Online Banking.

“Karena pandemi, kita belajar untuk terbiasa dengan gaya hidup baru atau cara kerja baru. Jadi, kita melihat ini sebagai peluang atau penguatan, di mana Danamon saat ini tengah mengakselerasi kemajuan teknologi digitalnya. Sehingga setelah pandemi, kita muncul dengan layanan lebih kuat,” ujar Yasushi.

Sebagai informasi, selama dua tahun kepemimpinan Yasushi Itagaki, Bank Danamon telah berhasil meraih sejumlah penghargaan dari dalam dan luar negeri. Di antaranya Asia Trailblazer 2020 sebagai Highly Commended untuk kategori Best Digital Banking Initiative, Asiamoney Best Bank Award 2020 IDC DX Gamechanger 2020 pada tingkat nasional dan tingkat Asia Pasifik. Lalu pada awal 2021, Bank Danamon juga meraih Peringkat 1 Kategori Bank BUKU 4 di ajang Infobank Satisfaction, Loyalty, Engagement 2021. (*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]