Info Anda

6 Manfaat Pinjaman Online bagi Keuangan

HADIRNYA layanan pinjol atau pinjaman online seakan membawa angin segar bagi masyarakat yang awalnya kesulitan mengajukan pinjaman di bank ataupun koperasi. Penyebabnya tak lain karena produk keuangan digital tersebut tak memasang syarat pengajuan yang berat dan bisa diajukan oleh mayoritas kalangan masyarakat.

Saat muncul kebutuhan atau masalah keuangan mendesak, semua orang mampu menuntaskannya dengan cara mengajukan pinjaman online. Praktis dan cepat, dana pinjaman yang Anda ajukan secara online dapat dicairkan dalam hitungan jam saja.

Selain itu, produk pinjaman ini juga bebas digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok maupun sekunder. Jadi, bisa dikatakan bahwa pinjaman online adalah produk keuangan yang siap membantu Anda menyelesaikan masalah keuangan apapun yang sedang menghadang.

Sayangnya, meski sudah lama berlalu lalang di Indonesia, masih ada saja masyarakat yang merasa ragu dan skeptis dengan layanan aplikasi pinjaman onlinePadahal, asal digunakan dengan bertanggung jawab serta mengajukan pada layanan yang resmi dan terpercaya, pinjaman online selalu bisa menjadi solusi berbagai kebutuhan dan problem finansial yang tengah Anda hadapi. Oleh karena itu, untuk menghilangkan keraguan Anda akan layanan keuangan ini, simak 6 bukti bahwa pinjaman online berimbas baik bagi keuangan berikut ini.

1. Sebagai Inovasi Layanan Keuangan yang Praktis dan Anti Ribet

Sudah menjadi rahasia umum jika kemajuan teknologi menunjang berbagai aktivitas dan industri masa kini, tak terkecuali di bidang keuangan. Dahulu, untuk mengajukan pinjaman, Anda perlu mengunjungi bank atau koperasi dan memenuhi segala persyaratan yang dibebankan.

Namun, kini, semenjak layanan pinjaman online muncul, Anda dapat mengajukan pinjaman melalui smartphone dengan bantuan internet saja secara online. Cukup menunjukkan KTP dan beberapa dokumen pribadi lainnya sebagai syarat pengajuan, dana pinjaman yang diajukan secara online bisa Anda terima dalam hitungan jam saja. Jadi, pinjaman online ini dapat menjadi solusi paling tepat untuk menyelesaikan masalah keuangan mendesak yang mendatangi siapa saja.

2. Meningkatkan Inklusi Keuangan di Indonesia

Inklusi keuangan merupakan akses lembaga keuangan di Indonesia kepada masyarakat. Kemunculan pinjaman online membuat masyarakat daerah tetap mampu merasakan layanan pinjaman dana tunai dengan lebih mudah dan praktis. Dalam kata lain, kesempatan masyarakat pedesaan untuk mendapatkan bantuan dana tunai tidak jauh berbeda dengan mereka yang tinggal di pusat kota dan meningkatkan inklusi keuangan saat ini.  

3. Memperbaiki Taraf Hidup Masyarakat

Adanya layanan pinjaman online juga turut membantu meningkatkan daya beli masyarakat. Saat kondisi keuangan sedang terpuruk dan tak mampu memenuhi kebutuhan primer maupun sekunder, Anda dapat mengajukan pinjaman dana melalui layanan pinjol ini. 

Asal cermat dalam memilih layanan, bukan tak mungkin Anda akan mendapatkan layanan pinjaman online dengan tingkat suku bunga yang rendah.

Karena alasan inilah mengapa tak sedikit orang yang mampu memenuhi keperluan dan keinginannya dengan lebih mudah. 

Jika isi tabungan belum mencukupi untuk membeli barang yang diinginkan, Anda tinggal meminta bantuan pinjol untuk sementara waktu. Baru kemudian Anda bisa mencicil angsurannya dalam kurun beberapa bulan ke depan dan membuat arus keuangan menjadi lebih stabil dan terkontrol.

4. Mendorong Perkembangan Bisnis Kecil

Berkat pinjaman online, geliat bisnis kecil menjadi lebih gesit karena bisa digunakan sebagai salah satu cara mengembangkan usaha. Alasannya karena pebisnis saat ini lebih mudah mendapatkan tambahan modal usaha melalui pinjaman online, bahkan saat bisnis baru dimulai dari titik nolOleh karena itu, kemunculan pinjaman online ini telah meruntuhkan dinding yang menghalangi banyak orang untuk memulai sebuah bisnis.

5. Mencegah Praktek Lintah Darat

Sudah bukan zamannya lagi masyarakat terjebak praktek lintah darat. Bukannya menyelesaikan masalah keuangan, tingkat bunga selangit yang dibebankan oleh oknum lintah darat ini hanya akan menyebabkan kerugian besar bagi Anda ke depannya. Nah, ketimbang mengajukan pinjaman dana tunai pada praktek yang sudah jelas ilegal tersebut, tentu lebih bijaksana jika Anda memanfaatkan layanan pinjaman online yang terpercaya dan resmi terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

6. Sumber Modal Usaha dengan Bunga Bersaing

Terakhir, adanya layanan pinjaman online ini mendorong kemunculan perusahaan start up yang bergerak pada layanan serupa. Sejak pertama kali dikenalkan beberapa tahun silam, perusahaan start up atau fintech kerap bermunculan setiap harinya. Masing-masing perusahaan tersebut tentu menciptakan produk keuangan baru dengan berbagai keunggulannya agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dengan lebih positif dan luas lagi.

Meski begitu, sebagai nasabah pinjaman online, tetap perhatikan legalitas dan kredibilitas dari perusahaan fintech ini agar tak terjebak pada layanan yang merugikan. Pasalnya, tak sedikit orang yang terkena masalah keuangan lebih fatal karena salah memilih layanan pinjaman online. Oleh karena itu, agar tetap aman dalam menggunakan pinjaman online, selalu ajukan pada layanan yang terdaftar OJK dan sesuaikan jumlah dana yang dipinjam serta beban cicilannya dengan kondisi keuangan.

Asal Bertanggung Jawab, Ada Banyak Manfaat yang Bisa Didapatkan dari Pinjaman Online

Pinjaman online muncul sebagai jawaban atas keluhan masyarakat yang kesulitan mengajukan pinjaman dana tunai dari lembaga keuangan konvensional. Dengan syarat pengajuan yang ringan dan bisa dilakukan secara online, siapa saja saat ini pasti mampu memanfaatkan produk pinjaman berbasis digital tersebut. Yang terpenting, tumbuhkan sikap bertanggung jawab saat mengajukan pinjaman dengan nominal sesuai kebutuhan dan melunasi cicilannya tepat waktu, serta menggunakan layanan terdaftar OJK agar manfaat pinjaman online lebih optimal Anda dapatkan. (*)

Paulus Yoga

Recent Posts

Perkuat Kemandirian Ekonomi Masyarakat Bali, BSI Resmikan Sentra UMKM Bedugul

Direktur Compliance and Human Capital PT Bank Syariah Indonesia tbk (BSI) Tribuana Tunggadewi memberikan sambutan… Read More

39 mins ago

OJK Restui Rencana Spin Off Unit Usaha Syariah Asuransi BRI Life

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyetujui rencana pemisahan atau spin off Unit Syariah Asuransi… Read More

1 hour ago

Malam Ini Tarif Tol Jakarta-Tangerang Naik, Cek Rinciannya di Sini!

Jakarta – Mulai Sabtu, 19 Oktober 2024, pukul 00.00 WIB, tarif tol Jakarta-Tangerang yang dikelola… Read More

1 hour ago

Sri Mulyani Bawa Kabar Buruk: Ketidakpastian Global Kembali Meningkat

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan memasuki akhir 2024 risiko ketidakpastian pasar keuangan global kembali… Read More

2 hours ago

Berikan Fleksibelitas Pembiayaan, Proyek Joint Venture Astra Land Indonesia dan Sinar Mas Land Gandeng 10 Bank Besar

Jakarta - PT Ruby Karya Sejahtera, perusahaan joint venture antara Astra Land Indonesia (ALI) dan… Read More

2 hours ago

Sri Mulyani Proyeksi Ekonomi Tumbuh 5,1 Persen di Akhir 2024

Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memperkirakan pertumbuhan ekonomi RI mencapai 5,1 persen secara… Read More

2 hours ago