News Update

5 Sektor Penyumbang Pertumbuhan Kredit Perbankan

Jakarta – Triwulan pertama 2016 kredit perbankan tumbuh tipis sebesar 8,71%. Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) penyaluran kredit perbankan hingga Maret 2016 tercatat sebesar Rp4.000,45 triliun.

Minimnya pertumbuhan kredit perbankan pada triwulan pertama 2016 ini sedikit banyak disebabkan oleh belum pulihnya kondisi ekonomi, baik nasional maupun global yang tercermin dari melambatnya pertumbuhan ekonomi.

Berdasarkan data OJK ada sejumlah sektor yang pertumbuhan kreditnya menurun.  Sektor pertambangan misalnya. Hingga Maret 2016, penyaluran kredit ke sektor ini menurun sebesar 5,10%. Kredit pertambangan menurun dari Rp127,26 triliun pada Maret 2015 menjadi Rp120,77 triliun pada Maret 2016. Selain sektor pertambangan, adalah sektor jasa kemasyarakatan (-9,31%), dan sektor badan internasional (-3,36%) yang kreditnya menurun.

Masih menurut data OJK, setidaknya ada lima sektor yang mendorong pertumbuhan kredit pada triwulan pertama 2016 ini. Kelima sektor tersebut adalah, sektor pertanian , sektor perikanan, sektor penyediaan akomodasi makan minum, sektor energy dan sektor konstruksi.

Sektor pertanian tumbuh 19,30% menjadi Rp252,96 triliun. Sektor perikanan tumbuh 17,14% menjadi Rp9,13 triliun. Sementara sektor penyediaan akomodasi makan minum, sektor energy dan sektor konstruksi masing-masing tumbuh 16,86%; 15,67%; dan 14,08%.

Kendati dihadapkan dengan perlambatan ekonomi dan meningkatnya risiko kredit, perbankan masih mampu menjaga rasio Non Performing Loan (NPL)-nya. Hingga Maret 2016, rasio NPL tercatat terkendali di level 2,83%. Rasio tersebut sedikit meningkat jika dibandingkan dengan periode Maret 2015 yang sebesar 2,40%.(*)

Apriyani

Recent Posts

Kantongi Lisensi PFAK, Bitwewe Akan Perluas Layanan Dukung Ekosistem Kripto di RI

Jakarta – PT Sentra Bitwewe Indonesia (Bitwewe) resmi mengantongi lisensi Pedagang Fisik Aset Kripto (PFAK)… Read More

36 mins ago

Manggung di Jazz Gunung Burangrang, Vina ‘Si Burung Camar’ Sukses Hibur Penggemar

Jakarta – Vina ‘Si Burung Camar’ Panduwinata tampik apik dan sukses menghibur penggemar di panggung Jazz… Read More

44 mins ago

Ada Dul hingga Vina Panduwinata, Ribuan Jama’ah Al-Jazziyah Kumpul di Jazz Gunung Burangrang 2024

Jakarta – Perhelatan Jazz Gunung Burangrang: Sora-Sora Bergembira! yang digelar di Dusun Bambu, Bandung, Jawa Barat,… Read More

4 hours ago

Dilantik Besok, Segini Gaji dan Tunjangan Prabowo sebagai Presiden RI

Jakarta - Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dijadwalkan bakal dilantik pada… Read More

5 hours ago

Pelantikan Prabowo-Gibran: Bank DKI Sajikan 2 Panggung Hiburan, Ada Wali-Zumba Massal

Jakarta - Dalam rangka menyambut transisi kepemimpinan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, Bank DKI… Read More

7 hours ago

Komitmen Jaga Keamanan Informasi, BNI Finance Raih Sertifikasi ISO 27001:2022

Jakarta – PT BNI Multifinance atau BNI finance (BNIF) mengumumkan pencapaian penting dalam upaya menjaga… Read More

12 hours ago