Internasional

5 Pengusaha Yahudi Terkaya di Dunia, Nomor 1 Kantongi Harta Setara Setengah APBN RI

Jakarta – Gerakan boikot terhadap produk pro Israel atau yang terafiliasi dengan negara tersebut masih terus terjadi. Hal ini sebagai bentuk dukungan nyata kepada warga Palestina yang tertindas.

Di tengah gerakan boikot tersebut, muncul sejumlah nama pengusaha Yahudi dengan kekayaan melintir. Mereka pun masuk dalam deretan orang terkaya di dunia.

Meski memiliki darah Yahudi, tidak serta merta menjadikan mereka sebagai individu yang mendukung Israel. Siapa saja daftar pengusaha Yahudi terkaya tersebut?

Baca juga: Daftar Artis Hollywood Pendukung Israel, Ada Gal Gadot hingga Madonna
  1. Larry Ellison

Nama Larry Ellison menjadi pemeluk Yahudi paling tajir nomor 1 versi Forbes tahun 2022. Kala itu, kekayaan Larry mencapai USD102,9 miliar (Rp1.515 triliun) yang utamanya berasal dari Oracle. 

Oracle sendiri merupakan perusahaan teknologi perangkat lunak, data, penyimpanan cloud. Dirinya, telah melihat peluang bisnis dari pengelolaan data sejak tahun 1970. 

Melansir Forbes.com tahun 2023, saat ini dirinya berada di urutan keempat orang paling kaya di dunia, dengan kekayaan mencapai USD107 miliar atau sekitar Rp1.605 triliun.

Menariknya, jika dikalkulasikan, harta kekayaan Larry Ellison tersebut setengah dari total APBN RI 2023 senilai Rp3.061 triliun dan APBN 2024 mencapai Rp3.325,1 triliun.

2. Michael Bloomberg

Michael (Mike) Rubens Bloomberg merupakan Yahudi terkaya nomor 7 dunia. Harta kekayaan yang dimiliki sebesar USD94,5 miliar atau sekitar Rp1.417,5 triliun.

Ia memperoleh kekayaan dari bisnis media yang berfokus pada berita bisnis dan keuangan. Adapun kepemilikannya di Bloomberg saat ini mencapai 88 persen.

3. Steve Ballmer

Mantan CEO Microsoft, Steve Ballmer tercatat mempunyai kekayaan sebesar USD80,7 miliar atau sekitar Rp1.210,5 triliun. Dengan kekayaan tersebut, namanya menempati posisi ke-10 orang terkaya di dunia.

Diketahui, Ballmer yang merupakan karyawan awal Microsoft mampu menjadi miliarder dari kepemilikan saham yang diterimanya di tempat kerja. Ia bergabung dengan Microsoft pada 1980 lalu, setelah di-drop out dari program MBA di Stanford University.

Baca juga: Ini Dia Deretan Artis Terkaya di Indonesia, Ada yang Masuk Forbes?

4. Larry Page

Pemilik nama lengkap Lawrence Edward Page ini sukses mengantongi kekayaan USD79,2 miliar atau Rp1.188 triliun. Sumber utama kekayaan pria kelahiran 1973 ini adalah Google.

5. Sergey Brin

Di posisi pamungkas, ada pengusaha Yahudi bernama Sergey Brin yang menempati urutan ke-14 Yahudi terkaya di dunia dengan kekayaan USD76 miliar atau sekitar Rp1.140 triliun.

Setali tiga uang dengan Larry Page, Sergey juga mengandalkan Google dalam menghasilkan pundi-pundi kekayaan. (*)

Editor: Galih Pratama

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

HUT ke-26 Bank Mandiri: Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

39 seconds ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

40 mins ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

53 mins ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

1 hour ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

2 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

3 hours ago