4 Destinasi Wisata di Sekitar Tol Bocimi, Ada Suspension Bridge Terpanjang di Asia Tenggara

4 Destinasi Wisata di Sekitar Tol Bocimi, Ada Suspension Bridge Terpanjang di Asia Tenggara

Jakarta – Pemerintah baru saja meresmikan Tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi) seksi II ruas tol Cigombong – Cibadak dengan exit Tol Parungkuda.

Kehadiran Tol Bocimi seksi II yang menelan anggaran Rp3,2 triliun ini diharapkan mampu memangkas waktu perjalanan dari Jakarta ke Sukabumi.

“Kita harapkan dengan sudah diresmikan Tol Bocimin ini bisa memangkas waktu yang tadinya 5 sampai 6 jam, menjadi 2,5 jam saja,” kata Jokowi saat peresmian Tol Bocimi II dikutip Jumat, 4 Agustus 2023.

Selain itu, Tol Bocimi juga bisa memperlancar aktivitas industri dalam penyaluran logistik dan dapat meningkatkan potensi wisata yang terdapat di wilayah Sukabumi dan sekitarnya.

Tol Bocimi seksi II memang sangat mendukung akses sejumlah kawasan wisata di Sukabumi dan sekitarnya.

Destinasi Wisata Dekat Tol Bocimi

Merangkum berbagai sumber, berikut destinasi wisata pantai hingga pegunungan yang dekat dengan akses Tol Bocimi seksi II:

Lido Golf dan Resort

Destinasi wisata yang satu ini bisa dibilang cukup dekat dari Jakarta. Diperkirakan, wisatawan hanya membutuhkan waktu sekira 50 menit, dengan menggunakan akses Jalan Tol Jagorawi, yang dilanjutkan ke Tol Bocimi.

Ketika mengakses Tol Bocimi, wisatawan bisa keluar ke Gerbang Tol Cigombong. Dari situ, hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk sampai kawasan Lido Golf dan Resort.  

Tempat wisata ini merupakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) milik bos MNC Group Hary Tanoesoebibjo di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kawasan wisata ini dikelilingi Gunung Gede Pangrango dan Gunung Salak.

Situ Gunung Suspension Bridge

Destinasi wisata lainnya yang dekat dengan akses Tol Bocimi adalah Situ Gunung, yang masuk kawasan wisata Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Dari Gebang Tol Cibadak (Bocimi), wisatawan hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 50 – 60 menit untuk mencapai kawasan Situ Gunung.

Di sana, ada sejumlah rekomendasi wisata yang bisa dikunjungi. Salah satuna adalah Situ Gunung Suspension Bridge atau jembatan gantung yang diklaim jadi yang terpanjang di Asia Tenggara. Panjang jembatan gantung tersebut adalah 243 meter, dengan lebar 1,8 meter, dan ketinggian 121 meter di atas permukaan tanah.

Melewati jembatan gantung tersebut, wisatawan bisa melanjutkan perjalanaan ke Curug Sawer. Jadi, wisatawan bisa menikmati suasana pegunungan sekaligus air terjun untuk melepas penat.

Palabuhanratu

Salah satu rekomendasi wisata sekitar Tol Bocimi adalah Palabuhanratu, Sukabumi. Jarak tempuh dari Gerbang Tol Cibadak atau Parungkuda diperkirakan memakan waktu 60 menit dengan jarak sekira 38 kilometer.

Di kawasan wisata Palabuhanratu, wisatawan bisa mengunjungi beberapa pantai ternama. Misalnya Pantai Karang Hawu, Pantai Cimaja, Ujung Genteng, dan lainnya.

Geopark Ciletuh

Wisatawan yang ingin berlibur ke Geopark Ciletuh, Sukabumi, bisa masuk lewat Gerbang Tol Cibadak. Sedangkan waktu tempuh dari Gerbang Tol Cibadak ke lokasi wisata, yakni sekitar 1,5 jam atau 90 menit.

Selain bisa menikmati suasana pantai, wisatawan juga bisa menikmati wisata alam lainnya di Geopark Ciletuh Sukabumi atau Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark.

Untuk kawasan pantai, bisa memilih Pantai Palangpang dan Pantai Cikadal yang berada di Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Sementara bagi yang tak berminat ke pantai, wisatawan bisa mampir ke hutan mangrove di Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. (*)

Related Posts

News Update

Top News