Pasar Modal

3 Perusahaan Baru Resmi Tercatat di BEI, Begini Pergerakan Sahamnya

Jakarta – Sebanyak tiga perusahaan pada hari ini (9/8) secara resmi mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI). Mereka adalah PT Mutuagung Lestari Tbk (MUTU), PT Humpuss Maritim Internasional Tbk (HUMI), dan PT Lupromax Pelumas Indonesia Tbk (LMAX).

Jika dilihat pada pergerakan saham dari ketiga perusahaan tersebut hingga tutup perdagangan sesi satu siang ini terpantau cukup variatif. Saham MUTU alami penguatan, HUMI stagnan, dan LMAX alami auto reject bawah (ARB).

Baca juga: Resmi Melantai di Bursa, Humpuss Maritim Internasional (HUMI) Tawarkan 2,7 Miliar Saham

Berdasarkan statistik RTI Business, harga saham LMAX melemah 10 persen menjadi Rp180 per saham dari harga awal Rp200 atau turun 20 poin, dimana harga saham LMAX bergerak pada rentang Rp180 hingga Rp200 per saham.

LMAX hari ini melepas kepada publik sebanyak 195 juta lembar saham dan Perseroan akan memperoleh dana sebesar Rp39 miliar. Kemudian, Perseroan juga akan menerbitkan waran sebanyak 97,5 juta lembar dengan harga Rp180 per lembar. Sehingga, dari dana yang diperoleh sebanyak 70 persen akan digunakan untuk pembelian persediaan dan sisanya untuk biaya operasional.

Kemudian, harga saham MUTU memimpin penguatan pada hari ini, di mana MUTU mengalami peningkatan 37 poin atau menguat 34,26 persen menjadi Rp145 per saham dari harga awal tercatat senilai Rp108 per saham.

Dalam IPO, MUTU melepas sebanyak 942,85 juta lembar saham baru dengan total dana yang akan diperoleh sebesar Rp101,82 miliar dan akan digunakan sebesar 66 persen atau setara Rp67,20 miliar sebagai belanja modal atau capital expenditure (capex).

Kemudian, 34 persen sisanya atau Rp34,62 miliar dan dana hasil pelaksanaan waran sebesar Rp76,37 miliar akan digunakan untuk keperluan belanja operasional atau operational expenditure (opex).

Baca juga: Jumlah Perusahaan IPO Tahun Ini Sudah Terlampaui, BEI Bakal Naikkan Target?

Adapun, penguatan tersebut sempat diikuti oleh harga saham HUMI yang meningkat ke level Rp120 per saham, tetapi pada penutupan perdagangan sesi I harga saham HUMI kembali ke level Rp100 per saham.

Dalam IPO HUMI menawarkan 2,7 miliar lembar saham baru atau setara dengan 15 persen dari saham yang merupakan saham baru Perseroan dan dikeluarkan dari portepel perusahaan. (*)

Editor: Galih Pratama

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

3 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

4 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

4 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

4 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

5 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

6 hours ago