Nasional

3 Kelebihan Pertamax Green 95, Nomor 1 Bisa Bikin Akselerasi Kendaraan Makin ‘Ngacir’

Jakarta – PT Pertamina akhirnya resmi menjual bahan bakar minyak (BBM) baru bernama Pertamax Green 95. Untuk tahap pengenalan, Pertamax Green 95 baru dijual di beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Jakarta dan Surabaya. Lalu, apa yang menjadi kelebihan dari Pertamax Green 95?

Pertamax Green 95 merupakan bioenergi yang terdiri dari campuran Pertamax (RON 92) dan 5% etanol. Dari perpaduan itu dihasilkan produk baru yang diklaim memiliki Research Octane Number (RON) sebesar 95.

Baca juga: Pertamax Green 95 Siap Dijual di SPBU Surabaya dan Jakarta, Segini Kisaran Harganya

Kelebihan Pertamax Green 95

Pertamax Green 95 memiliki sejumlah kelebihan dibanding dengan jenis BBM dengan RON 92. Simak kelebihan Pertamax Green 95 di bawah ini:

  1. Memberikan Akselerasi Kendaraan Lebih Baik

Salah satunya, memberikan akselerasi kendaraan lebih baik dibandingkan BBM jenis Pertamax RON 92. Ini tak lepas dari Pertamax Green 95 yang memiliki nilai oktan yang lebih tinggi, yakni 95 atau RON 95.

“Kelebihan Pertamax Green ini sudah barang tentu menawarkan akselarasi lebih baik karena RON-nya lebih dibandingkan yang sebelumnya (Pertamax),” kata Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan dikutip Sabtu, 29 Juli 2023.

2. Menggunakan Campuran Bioetanol

Sebanyak 5% etanol digunakan sebagai bahan campuran Pertamax Green 95. Diketahui, etanol itu berasal dari molase atau tetes tebu yang digadang-gadang dapat mendukung kemandirian energi.

Percampuran BBM nabati ini diyakini dapat mendukung target nasional untuk mencapai bauran energi baru terbarukan (EBT) sebesar 31% pada 2050. Selain itu, tentunya demi mencapai nol emisi karbon (net zero emission/NZE) Indonesia di 2060.

“Pada prinsipnya memang ini produk yang baik dan kita unggulkan, sekaligus juga sejalan dengan program pemerintah untuk mencapai net zero emission,” ungkap Riva.

3. Harga Lebih Kompetitif

Salah satu kelebihan lainnya adalah dari sisi harga. BBM dengan RON 95 sudah dijual oleh SPBU lainnya, seperti Shell dengan Shell V-Power, Vivo dengan Revvo 95, dan 95 BP dengan BP Ultimate.

Jika dibandingkan dengan harga BBM RON 95 lainnya, Pertamax Green 95 yang dijual Rp13.500 per liter memang lebih murah dibanding dengan produk lainnya yang sejenis.

Misalnya, Revvo 95 dijual dengan harga Rp13.580 per liter. Sedankang Shell V-Power dan BP Ultimate saat ini masing-masing sebesar Rp13.780 per liter.

Baca juga: Pertamina Kelola Blok Masela, Pemerintah Harus Dukung Lewat Tax Holiday

Untuk saat ini, baru 15 SPBU yang menyalurkan Pertamax Green 95. Rinciannya, 5 SBPU di Jakarta dan 10 SPBU di Surabaya.

SPBU di Surabaya yang menjual BBM hijau itu antara lain Jemursari, Soetomo, Mulyosari, Merr, Ketintang, Karang Asem, Mastrip, Citra Raya Boulevard, Juanda, dan Buduran.

Sementara di Jakarta, Pertamax Green 95 bisa dibeli di SPBU MT Haryono, Fatmawati 1 dan Fatmawati 2, Lenteng Agung, dan SPBU Sultan Iskandar Muda Kebayoran.

Galih Pratama

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

7 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

8 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

8 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

9 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

9 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

10 hours ago