Ekonomi dan Bisnis

25 Tahun Acer Indonesia : Yang Muda, Yang Menginspirasi

Jakarta – Dewasa ini, hampir seluruh bidang pekerjaan membutuhkan laptop sebagai alat penunjang wajib. Tak mengherankan, apabila banyak merek dan varian laptop yang dirilis dalam beberapa dekade terakhir.

Salah satunya, merek Acer yang sudah tak asing lagi bagi pengguna perangkat komputasi di Indonesia. Namanya pun sudah sejajar dengan ‘legenda’ pabrikan komputer lainnya.

Wajar, bila Acer menjadi top-of-mind ketika membahas merek laptop. Bahkan, rasanya sulit untuk tidak mengingat nama Acer ketika hendak membeli sebuah laptop.

Menilik ke belakang, Acer hadir sudah hadir Indonesia sejak 1999. Rangkaian produk Acer pun terus berkembang menyesuaikan tren dan kebutuhan penggunanya. Bukan mementingkan gengsi untuk sekedar gaya-gayaan.

Baca juga : Acer Hadirkan Solusi Deteksi Suhu Tubuh Cepat Tanpa Antre

Begitu pula dengan cerita Fransiska Christie Basil yang menjatuhkan pilihannya kepada Acer. Pengusaha dan perancang busana ini mampu mengkreasikan desain unik sehingga menjadi konten yang menginspirasi.

“Usaha yang aku bangun hingga menjadi seperti saat ini, prosesnya tidak semudah yang terlihat,” katanya, dinukil akun Instagram miliknya @christiebasill, Minggu (17/3).

Selama bertahun-tahun bergelut di bidang fashion, Acer telah menemani dirinya dalam menghasilkan pelbagai karya indah yang bermanfaat bagi banyak orang. 

“Sudah bertahun-tahun aku berkarya di bidang fashion ini dan aku sangat menikmati setiap cerita di dalamnya. Tentu saja, ditemani dengan laptop kesayangan aku Acer Swift 14,” jelasnya.

Bukan tanpa alasan, ia menggunakan Acer Swift 14. Produk satu ini didukung dengan berbagai fitur mumpuni sehingga dapat mendukung seluruh aktivitas yang serba cepat.

“Saat pekerjaan menumpuk, aku ga perlu khawatir karena performanya laptop ini bener-bener keren banget! Acer Swift 14 didukung 13th Gen Intel®️ Core™️ Processors dan tersertifikasi oleh Intel®️ Evo™️ Platform. Desainnya yang mewah, tipis,dan ringan sehingga aku bisa bawa kemana-mana dan terlihat professional,” bebernya.

Lain halnya dengan Frans SitanggangIllustrator dan aktivis lingkungan ini sudah nyaman menggunakan Acer dengan karyanya dalam menciptakan ilustrasi ramah lingkungan yang berdampak bagi banyak orang.

“Antara aku dan laptop Acer cukup banyak sejauh ini! Terutama Aspire Vero 14 ini,” tulis Frans di akun Instagram @duniafrans.

Frans Sitanggang, illustrator dan aktivis lingkungan yang berkarya dengan menciptakan ilustrasi ramah lingkungan yang berdampak. (sumber foto : @duniafrans)

Menurutnya, selain terbuat dari materian eco-friendly, Aspire Vero 14 memiliki performa handal dalam memudahkan seluruh pekerjaan dalam proses pembuatan konten.

“Laptop ini punya performa andal dengan 13th Gen Intel® CoreTM Processors telah bersertifikasi Intel® EvoTM Platform. Sangat membantu gue dalam proses editing konten gue dan mendesain,” ujarnya.

Senada, Ryan Prakasha, seorang esport playerIndonesia yang memiliki prestasi mendunia turut menjatuhkan pilihannya pada Acer. 

Sekedar diketahui, Ryan yang juga merupakan mantan pemain PUBG profesional asal Indonesia sempat bermain dengan organisasi Aerowolf. 

Dengan aim dan juga recoil control yang sangat hebat di game battle royale, Ryan menginspirasi banyak anak muda untuk mengikuti passion hingga bisa berkarir di dunia esport Indonesia.

Ryan Prakasha, seorang esport player Indonesia yang punya prestasi dunia dan dikenal dengan nicknamerynXTRFL atau SuperNayr. (sumber foto : @ryanprakasha)

“Laptop Predator Helios Neo 16 adalah salah satu teman gw yang hadir untuk bermain game, streaming, dan editing content,” tulis Ryan di akun Instagram @ryanprakasha.

Menurutnya, berkat dukungan fitur andal di Predator Helios Neo 16 selalu memberikan pengalaman bermain game jauh lebih seru. Terlabih, laptop ini membantu dirinya bermain game dan bertemu dengan gamers di Tanah Air.

“Laptop ini punya performa yang luar biasa! Dengan prosesor Intel®️ Core™️ Generasi ke-13 terbaru, dan GPU NVIDIA®️ GeForce®️ RTX 40 series, laptop ini sangat membantuku gw selama ini untuk bermain game dan bertemu dengan teman teman gamers di Indonesia,” pungkasnya.

Kontribusi Fransiska Christie Basil dkk melalui karya dan prestasi itulah mendapat apresiasi dari Acer Indonesia. Di mana, mereka terpilih menjadi salah satu dari 25 Young Changemakers.

25 Young Changemakers menjadi bentuk apresiasi Acer kepada para anak muda yang berhasil menginspirasi lewat karya dan prestasi. Mereka menunjukkan bahwa konsistensi, kreativitas, dan komitmen dapat menciptakan perubahan yang positif bagi lingkungan sekitar.

Sejalan dengan itu, cerita Fransiska dkk sebagai pengguna loyal Acer menjadi bukti rekam jejak 25 tahun Acer di Indonesia. Acer yang membawa laptop dengan segala inovasi teknologi berhasil melahirkan generasi muda dengan karyanya.

 “Bahkan para generasi muda ini mampu menciptakan perubahan yang signifikan bagi lingkungan di sekitarnya Acer Indonesia apresiasi terhadap Young Changemakers, “ kata Chief Operating Officer, Acer Indonesia Leny Ng, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, dalam rangkaian 25 Tahun Acer Tanggal 8 Juli 2024, Acer mengenang perjalanannya selama 25 tahun di Indonesia. Tema diambil untuk menggambarkan perjalanan inovasi Acer bersama seluruh konsumen dan masyarakat Indonesia.

Rekam Jejak Acer di Indonesia

Dinukil laman acerid.com, Acer hadir di Indonesia sejak 1999 sebagai penyedia perangkat komputasi client kelas dunia yang lengkap, mulai dari notebook, desktop AIO, monitor dan proyektor. 

Tak sekedar memasarkan produk Acer di pasar lokal, Acer Indonesia juga berperan dalam transformasi digital di Tanah Air dengan menyediakan perangkat keras komputasi, solusi keamanan siber, dan ekosistem digital pendidikan yang komprehensif.

Berikut perjalanan inovasi Acer Indonesia :

1999-2016

Acer menyediakan perangkat komputasi client kelas dunia yang  lengkap, mulai dari notebook, dekstop AIO monitor dan proyektor

2017

Lahirnya komputasi kineria tinggi (HPC) yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan enterprise dan berbagai sektor bisnis, mulai dari pelbagai server Altos, workstation, penyimpanan, thin client (PC Station) dan VDI (Virtual Desktop Infrastructure)

2018

Transformasi Acer menjadi perusahaan peranqkat keras perangkat lunak + service menjawab berkembangnya teknologi cloud dan loT. Solusi Smart Water loT untuk pengukuran dan analisa air secara digital, termasuk solusi agrikultur dan pemasaran presisi merupakan inovasi tercanggih di revolusi industri 4.0

2019

Acer & OPEN bekeriasama untuk memperluas solusi ke Digital Signage, Kiosk, Parcel

Pintar dan Pengenalan Wajah. HSN, layanan ICT professional yang komprehensif, sediakan teknologi dan layanan purna jual yang memenangkan penghargaan ICSA selama 11 tahun berturut-trut.

2020

Pengalaman 15+ tahun Acer Cyber Security Inc. (ACSI), menawarkan solusi keamanan siber untuk melindungi aset digital perusahaan, seiring meningkatnya penggunaan cloud dan big data. 

Monitor temperatur tubuh dengan pengenalan wajah adalah salah satu solusi pencegahan pandemi terkini

2021 – saat ini

Acer for Education mengembangkan teknologi untuk pendidikan. Di 2021. Acer bertransformasi untuk menawarkan solusi komprehensif pendidikan. Jelaiah Ilmu, platform belajar komprehensif adalah salah satu pencapaian perusahaan.

Berkarya untuk Negeri

Sejak 1999, rekam jejak Acer Indonesia untuk membangun negeri selalu berpatokan pada kebutuhan pelangan yang beragam. Di mana, kerap memberi sentuhan kreativitas yang sesuai untuk mencapai kenyamanan serta keamanan konsumen melalui rangkaian produk berkualitas. 

Diawali dengan beragam perangkat komputasi seperti laptop, desktop, proyektor, monitor, hingga perangkat lain untuk pelanggan institusi dan korporasi seperti server dan interactive flat panel.

Tak berhenti di situ, inovasi Acer terus berlanjut dengan hadirnya rangkaian solusi teknologi semisal platform pembelajaran digital, keamanan siber hingga inovasi lini perangkat gaya hidup Acerpure yang akan segera diluncurkan. Di setiap perjalanan inovasi ini, Acer selalu berkomitmen menjadi yang terdepan.

Baca juga : Acer for Education Tawarkan Solusi Transformasi Digital Pendidikan

Menariknya, Acer melakukan investasi dalam perakitan produk-produknya dengan mendirikan Acer Manufacturing Indonesia (AMI) di Bekasi, Jawa Barat pada tahun 2012. 

Acer Manufacturing Indonesia (AMI)

Fasilitas produksi ini menjadi langkah nyata Acer dalam mendukung program Pemerintah untuk berperan aktif dalam menghadirkan produk-produk unggulan buatan dalam negeri dengan kualitas global yang tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pasar Indonesia, tetapi juga siap untuk diekspor ke luar negeri. 

AMI dengan aktivitas produksi dan perakitan perangkat teknologi Acer, berhasil mencatatkan tingkat kepuasan tinggi dengan standar mutu internasional. 

Di usianya yang sudah 12 tahun, AMI terus melakukan pembangunan bisnis yang berkelanjutan yang didukung oleh tenaga kerja terlatih dan terampil dari Indonesia.

Kontribusi positif AMI tidak hanya terbatas pada aspek ekonomi, tetapi juga berdampak pada pertumbuhan industri dan perekonomian Indonesia secara keseluruhan.

Melalui rangkaian produk yang lengkap dan memenuhi persyaratan TKDN, AMI siap untuk memenuhi kebutuhan perangkat di berbagai sektor, mulai dari pendidikan hingga industri kreatif, dari pemerintahan hingga sektor medis. 

Dengan begitu, keberadaan AMI tidak hanya mendukung pertumbuhan Acer di Indonesia, tetapi juga menjadi bagian integral dari ekosistem teknologi nasional yang berkembang pesat. 

“Selama 12 tahun, kami telah berkomitmen menghadirkan inovasi melalui perangkat teknologi yang dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia,” kata Chief Operating Officer Acer Indonesia Leny Ng, dalam keterangan resminya, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, melalui fokus terhadap peningkatan kualitas produk yang berkelanjutan, AMI secara konsisten menghadirkan produk buatan dalam negeri dengan standar global yang dapat memenuhi kebutuhan teknologi pasar Tanah Air dan ekspor. 

“AMI adalah persembahan Acer untuk bangsa, yang memaksimalkan dan mengembangkan talenta lokal, menggunakan sumber daya dalam negeri, dan konsisten melakukan transfer teknologi strategis,” tandasnya.

Dengan merayakan 25 tahun perjalanannya, Acer dan AMI menegaskan komitmennya untuk terus berinovasi dan menjadi mitra teknologi yang handal bagi masyarakat Indonesia. 

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Apa Kabar Anti Scam Center? Ini Jawaban OJK

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkap alasan ‘molornya’ peluncuran Anti Scam Center (ASC) sebagai… Read More

33 mins ago

Awal Oktober 2024, Aliran Modal Asing Rp570 Miliar Masuk RI

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat di awal pekan Oktober 2024, aliran modal asing masuk atau capital… Read More

42 mins ago

Di Tengah Isu Divestasi ANZ-Gunawan, Begini Laju Saham Panin Bank

Jakarta - Pemegang saham substansial PT Bank Pan Indonesia Tbk (PNBN) atau Bank Panin, yakni… Read More

1 hour ago

Duh! Marak Anak Muda Nunggak Paylater hingga Sulit Akses KPR dan Dapat Kerja, Ini Pesan OJK

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa… Read More

3 hours ago

Bibit Edukasi Publik Soal Pasar Modal Lewat Art Jakarta 2024

Jakarta - PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit.id) ikut berpartisipasi dalam Art Jakarta 2024 yang diadakan… Read More

16 hours ago

Jadi Official Banking, Bank Saqu Hadirkan Beragam Hiburan dengan Edukasi Keuangan di Synchronize Festival 2024

Jakarta - Bank Saqu, layanan perbankan digital dari PT Bank Jasa Jakarta menegaskan komitmen untuk… Read More

16 hours ago