Categories: Keuangan

2016, Eximbank Butuh Dana Rp22 Triliun

Jakarta – Lembaga Pembiayan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank mengaku, pihaknya membutuhkan dana sebesar Rp22 triliun di tahun ini. Dana itu akan digunakan untuk meningkatkan ekspansi pembiayaan ekspor perusahaan.

Pernyataan tersebut seperti disampaikan oleh Direktur Pelaksana III Indonesia Eximbank, Basuki Setyadjid, di Jakarta, Selasa, 23 Februari 2016. Menurutnya dana tersebut akan diperoleh dari penerbitan surat utang baik dalam bentuk rupiah maupun valuta asing (valas).

“Yang dalam bentuk rupiah kita akan menerbitkan obligasi sebesar Rp10 triliun. Lalu sisanya Rp12 triliun akan dalam bentuk valas,” ujar Basuki.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, bahwa pendanaan yang berasal dari valas akan diperoleh Eximbank dari investor-investor luar negeri seperti China, Jepang, Hongkong, Singapura, dan Timur Tengah. “Kita segera meng-arrange bilateralnya targetnya di kuartal pertama tahun ini,” tukasnya.

Sementara untuk pendanaan dari dalam negeri dalam bentuk rupiah Eximbank sudah menerbitkan obligasi Berkelanjutan Indonesia Eximbank II Tahap VII Tahun 2016 dan memperoleh dana sebesar Rp4,036 triliun yang dicatatkan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Rencananya, perseroan juga akan kembali menerbitkan obligasi III dengan mengincar dana sebesar Rp6 triliun. Namun, hingga saat ini pihak Eximbank masih menunggu izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam penerbitan Obligasi III tersebut.

“Yang Rp 6 triliun kami targetkan bisa di kuartal III atau IV tahun ini,” tutupnya. (*) Rezkiana Nisaputra

Apriyani

Recent Posts

Airlangga Beberkan Rencana Prabowo Terkait RI Gabung BRICS

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Presiden Prabowo Subianto siap membawa Indonesia… Read More

4 hours ago

Optimisme Ekonom: Pemerintahan Prabowo Bisa Bawa Kinerja Pertamina Meroket

Jakarta - Kinerja Pertamina sepanjang Pemerintahan Jokowi dinilai sudah on the right track. Terkait itu… Read More

4 hours ago

Bank Raya Berhasil Bukukan Laba Rp33,9 Miliar di Kuartal III 2024

Jakarta - PT Bank Raya Indonesia Tbk (Bank Raya) berhasil mencatatkan laba bersih pada kuartal… Read More

4 hours ago

BEI Gelontorkan Capex Rp275 Miliar untuk Pengembangan JATS

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyebutkan telah menganggarkan belanja modal atau capital expenditure… Read More

6 hours ago

Jos! Sarana Global Finance Indonesia Masuk Jajaran Top 20 Financial Institutions Awards 2024

Jakarta - PT Sarana Global Finance Indonesia sukses masuk dalam jajaran “Top 20 Financial Institutions Award 2024”… Read More

7 hours ago

Dorong Kolaborasi Inovatif di Industri Jasa Keuangan, BNI Ventures Boyong 10 Startup Axel Arc

Jakarta – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI melalui anak usahanya, BNI Venture,… Read More

7 hours ago