Market Update

143 Saham Menguat, IHSG Dibuka Menghijau ke Level 6.897

Jakarta – Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9:00 WIB (11/8) indeks harga saham gabungan (IHSG) kembali dibuka pada zona hijau ke level 6.897 atau menguat 0,06 persen.

Berdasarkan statistik RTI Business pada perdagangan hari ini, sebanyak 278 juta saham diperdagangkan, dengan frekuensi perpindahan tangan sebanyak 18 ribu kali, serta total nilai transaksi tercatat mencapai Rp194 miliar.

Kemudian, tercatat terdapat 116 saham terkoreksi, sebanyak 143 saham menguat dan sebanyak 255 saham tetap tidak berubah.

Sebelumnya, Head of Retail Research Analyst BNI Sekuritas, Fanny Suherman, mengatakan bahwa, sesuai dengan prediksi, IHSG masih berada di posisi sideways pada level 6850-6950, dengan level support berada 6850-6870 dan resistance 6900-6950.

Baca juga: OJK Ramal Penghimpunan Dana Pasar Modal Tahun Ini Lebih Berat, Apa Pemicunya?

“Kemarin (10/8) indeks Dow Jones Industrial Average ditutup menguat sebesar 0,15 persen, begitu juga dengan S&P 500 yang naik sebesar 0,03 persen, sementara indeks Nasdaq juga menguat sebesar 0,12 persen, dan inflasi AS untuk Juli 2023 sebesar 3,2 persen yoy, di bawah perkiraan,” ucap Fanny dalam risetnya di Jakarta, 11 Agustus 2023.

Selanjutnya, initial jobless claims AS untuk periode yang berakhir 5 Agustus 2023 telah mencapai 248.000 yang melampaui ekspektasi, dimana Disney naik 4,9 persen setelah mengumumkan rencana kenaikan harga untuk berlangganan Disney+ tanpa iklan. Lalu, Wynn Resorts juga naik sebesar 2,6 persen didorong oleh laporan keuangan yang lebih baik dari perkiraan dan hari ini Inggris akan menyampaikan pertumbuhan ekonomi untuk Juni 2023.

Sedangkan, bursa di kawasan regional Asia Pasifik mencatat pergerakan yang beragam pada perdagangan kemarin, di antara bursa yang mencatat kenaikan cukup signifikan adalah Nikkei dan All Ordinaries, sementara di sisi lain TSEC Weighted Index turun 1,40 persen.

Adapun, investor masih menunggu data inflasi AS untuk Juli 2023 yang rilis kemarin malam dan hari ini Hong Kong juga akan mengumumkan pertumbuhan ekonomi kuartal II-2023, serta Rupiah saat ini berada di posisi Rp15.179 per USD. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

CCP Tonggak Baru Peran KPEI di Pasar Uang dan Valuta Asing

Jakarta - PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) secara resmi mulai mengoperasikan Central Counterparty Pasar… Read More

7 hours ago

Masuk Bursa Kabinet Prabowo-Gibran, Airlangga dan Azwar Anas Bilang Begini

Jakarta – Dua menteri kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi isu masuknya mereka ke dalam bursa kabinet… Read More

8 hours ago

BEI Optimistis Short Selling Dorong Peningkatan Likuiditas

Jakarta - Setelah meluncurkan layanan transaksi short selling pada hari ini (3/10), PT Bursa Efek… Read More

8 hours ago

Payroll BSI Masuk dalam Tiga Besar Bank yang Diminati ASN

Jakarta - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) secara konsisten memperkuat dana murah melalui payroll.… Read More

9 hours ago

Pengguna GoPay Tembus 30 Juta Setahun setelah Diluncurkan

Jakarta - GoPay unit bisnis Financial Technology dari PT Goto Gojek Tokopedia (GOTO) mencatat kenaikan… Read More

9 hours ago

Industri Pengemasan Makanan Menggeliat, ALL Pack-ALL Print Indonesia Lakukan Ini

Jakarta – Industri pengemasan makanan atau Food Packaging Industry tengah menggeliat. Laju perkembangan industri ini ditaksir mencapai 6… Read More

10 hours ago