XL Dorong Nelayan Manfaatkan Teknologi Digital

XL Dorong Nelayan Manfaatkan Teknologi Digital

Jakarta – PT XL Axiata Tbk (XL) dukung pemerintah dalam menyiapkan masyarakat Indonesia memasuki era digital. Salah satunya adalah mendorong nelayan dalam memanfaatkan teknologi digital.

Hal itu dilakukan guna meningkatkan produktivitas dan membuat hasil tangkapan ikan kian meningkat. Untuk itu, bekerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia serta Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, XL mendukung penuh realisasi program “Nelayan Go Online” kepada para nelayan di berbagai daerah.

Implementasi yang sudah terlaksana antara lain di Makasssar, dan Medan di bulan Agustus 2017 ini.

“XL mendukung penuh implementasi Program Nelayan Go Online yang akan memanfaatkan aplikasi digital inovatif Nelayan Pintar (NELPIN) dari Kementerian KKP. Dukungan kami ini menjadi bagian dari komitmen XL mendukung kalangan nelayan dari sisi penyediaan sarana digital sesuai dengan kebutuhan nelayan Indonesia,” Kata Vice President XL, West Region, Francky Rinaldo Pakpahan, di Jakarta, Rabu, 23 Agustus 2017.

Francky sendiri mengatakan, pada program ini, XL menyediakan akses layanan Data sehingga nelayan bisa memanfaatkan aplikasi NELPIN.

Selain di Medan, XL telah mengimplementasikan program ini di Makassar, Jawa Timur, dan akan terus diperluas pada wilayah lain dalam waktu tidak lama lagi.

“Kami berharap, sarana digital ini akan mampu dimanfaatkan secara maksimal oleh nelayan Medan untuk meningkatkan produktivitas dan tingkat keamanan selama melaut,” jelasnnya.

Aplikasi NELPIN memiliki sejumlah fitur yang akan sangat mendukung aktivitas nelayan, baik saat bekerja melaut, maupun guna mengetahui kondisi pasar ikan.

Fitur tersebut antara lain menyediakan informasi arah dan kecepatan angin, tinggi gelombang, posisi/koordinat nelayan (GPS), juga lokasi berkumpulnya ikan.

Selain itu juga tersedia informasi terkait harga ikan terupdate, juga permintaan atas jenis-jenis ikan. Aplikasi NELPIN dirancang oleh Kementerian KKP dan ditargetkan untuk bisa dimanfaatkan bagi para nelayan di seluruh tanah air.

Para nelayan penerima manfaat ini akan mendapatkan gratis paket data selama dua bulan dan handset dari XL. Sementara itu, dari sisi jaringan untuk mendukung pengoperasian NELPIN, XL telah menyediakan layanan 4G LTE dan 3G yang memadai di lokasi-lokasi implementasi Program Nelayan Go Online ini.

Jaringan tersebut juga bisa menjangkau lepas pantai tempat nelayan menangkap iklan dengan memanfaatkan NELPIN.  Di Medan dan Makassar perangkat bantuan ini telah disalurkan secara bertahap kepada ratusan nelayan. (*)

Related Posts

News Update

Top News