Infrastruktur dan Teknologi Digital Dorong Pengendalian Inflasi

Infrastruktur dan Teknologi Digital Dorong Pengendalian Inflasi

Jakarta–Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) menekankan, kunci sukses pengelolaan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat ialah melalui peningkatan pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi yang stabil. Penguatan infrastruktur dan teknologi digital diyakini dapat mendukung pengendalian inflasi.

“Kedua komponen tersebut patut menjadi perhatian seluruh pemangku kepentingan sehingga perlu ditopang koordinasi dan sinergi kebijakan yang solid di pusat dan daerah,” ujarnya saat Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian inflasi, Jakarta, Kamis, 27 Juli 2017.

Jokowi juga menegaskan bahwa pengendalian inflasi sangat penting dalam upaya menjaga daya beli masyarakat dan mendukung peningkatan pertumbuhan ekonomi. Menurutnya, ada beberapa aspek penting dalam pengendalian inflasi. Pertama, pergerakan harga di daerah perlu terus dicermati sehingga berbagai risiko yang dapat meningkatkan inflasi dapat segera direspon.

Kedua, penguatan sistem informasi pangan perlu konsisten dilakukan sehingga dapat mendukung respons kebijakan pengendalian inflasi secara cepat dan tepat. “Ketiga, infrastruktur perlu terus diperkuat guna mendukung pengelolaan harga, termasuk harga pangan. Keempat, upaya efisiensi usaha perlu terus ditingkatkan sehingga dapat memperkuat upaya pengendalian inflasi,” ucap mantan Walikota Solo itu.

Di tempat yang sama Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo menambahkan, dinamika inflasi sepanjang 2016 hingga pertengahan 2017 menunjukkan bahwa Indonesia memasuki era inflasi yang rendah dan stabil sehingga dapat menjadi momentum kuat untuk mengarahkan inflasi nasional sejajar dengan inflasi negara-negara kawasan. (Bersambung ke halaman berikutnya)

Pages: 1 2

344 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.