UMKM Ambil 25,09% Porsi Pembiayaan BSM

UMKM Ambil 25,09% Porsi Pembiayaan BSM

Jakarta–PT Bank Mandiri Syariah (BSM) mencatat portofolio pembiayaan segmen Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sampai dengan Agustus 2017 sebesar Rp14,5  triliun atau 25,09 perse dari total pembiayaan yang senilai Rp57,86 triliun.

Khusus untuk segmen mikro, per posisi Agustus 2017, BSM menyalurkan pembiayaan senilai Rp4,22 triliun. Pembiayaan tersebut diberikan kepada sekitar 74 ribu nasabah di seluruh Indonesia.

“Selain pembiayaan, Mandiri Syariah juga rutin memberikan pelatihan dan pendampingan usaha guna meningkatkan kompetensi UMKM,” kata Corporate Secretary BSM, Dharmawan P. Hadad di Jakarta, Rabu, 13 September 2017.

Darmawan sendiri mengatakan, dukungan Mandiri Syariah terhadap UMKM dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi di sektor riil dan membantu program pemerintah dalam penyerapan tenaga kerja.

Dukungan terhadap pembiayaan pada segmen UMKM sejalan dengan ketentuan PBI No. 17/12/PBI/2015 mengenai Pemberian Kredit atau Pembiayaan oleh Bank Umum dan Bantuan Teknis dalam rangka Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di mana portofolio pembiayaan ke segmen UMKM setiap Bank minimal 20 persen.

“Saat ini kami mempunyai beberapa bidang usaha unggulan seperti usaha bengkel, pedagang pasar, toko kelontong, perdagangan sembako dan rumah makan, kesehatan/paramedis, dan lain-lain” jelas Dharmawan. (*)

 

 

Editor: Paulus Yoga

122 total views, 4 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.