Tur Candi Jadi Alternatif Liburan di Pulau Dewata

Tur Candi Jadi Alternatif Liburan di Pulau Dewata

Membayangkan liburan di Bali, hal pertama yang terpikir pastinya pantai yang cantik dan perbukitan indah di kawasan Ubud. Padahal nih, Bali nggak cuma punya pantai cantik dengan ombak yang menantang untuk ditaklukkan, tapi juga ada wisata Candi yang tak hanya menarik tapi juga memiliki sisi edukasi yang bisa menjadi alternatif liburan kamu di Pulau Dewata.

Yang menarik dari candi di Pulau Bali adalah tak hanya terdiri dari Pura yang menjadi tempat ibadah umat Hindu yang merupakan agama mayoritas di sana. Tapi juga ada candi Budha yang menjadi bukti bahwa Bali adalah pulau yang multi kepercayaan dan saling menghargai satu sama lain.

Dari informasi yang dihimpun dari Traveloka, beberapa lokasi berikut ini bisa jadi tujuan kamu yang ingin berkeliling melihat candi-candi yang ada di Bali.

Pura Besakih

Enggak lengkap ke Bali tanpa mampir ke Pura Besakih yang merupakan Pura terbesar di pulau ini. Pura ini terletak di Desa Besakih, Kabupaten Karangasem dan menjadi pusat dari kegiatan keagamaan masyarakat yang tinggal di sekitarnya.

Kini, selain menjadi tempat ibadah bagi masyarakat, Pura Besakih juga menjadi salah satu tempat wisata di Bali yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Jangan lupa untuk mengikuti peraturan yang ditetapkan oleh pengelola Pura Besakih ya, agar tempat ini tetap terjaga kesucian dan keindahannya.

Pura Tirta Empul

(sumber:emmasabatini.com)

Dibangun pada tahun 962, destinasi wisata ini adalah tempat warga Hindu Bali untuk melakukan penyucian diri. Air di sumber yang ada di Pura ini dipercaya sebagai air yang suci, dan tak jarang dibawa pulang oleh masyarakat yang datang ke sana untuk digunakan sebagai obat.

Tidak hanya masyarakat Hindu Bali yang boleh mandi di Pura ini, tapi seluruh pengunjung bisa melakukannya. Tentu saja, kamu harus mengikuti persyaratan yang diberikan oleh pengelola Pura untuk bisa melakukannya.

Pura Uluwatu

Pura megah ini terletak di tepi pantai, di atas batu karang yang terjal. Pura ini digunakan masyarakat Hindu Bali untuk memuja Batara Rudra. Selain itu, Pura Uluwatu juga menjadi salah satu tempat wisata di Bali yang jadi favorit para wisatawan karena pemandangan sunsetnya yang amat cantik. Langit jingga sempurna dengan pasir pantai yang bersih dijamin membuatmu betah berada di sana.

Candi Budha Kalibukbuk

(sumber:situsbudaya.id)

Di antara puluhan Candi Hindu yang tersebar di Bali, Candi Kalibukbuk adalah satu-satunya Candi Budha yang ditemukan di pulau ini. Dilihat dari bentuknya, para arkeolog memperkirakan Candi Budha Kalibukbuk adalah peninggalan Kerajaan Mataram yang dulu sempat memerintah di Bali.

Candi Gunung Kawi

Ini adalah sebuah kompleks Candi Hindu berukuran raksasa yang terpahat di batu-batu besar di Kabupaten Gianyar. Tebing raksasa diukir dengan indahnya pada masa ratusan tahun silam, dan sampai sekarang Candi Gunung Kawi menjadi tempat beribadah penduduk setempat.

Candi Tebing Tengallinggah

Seperti namanya, Candi Hindu ini terletak di sebuah tebing yang berdiri di atas Sungai Pakerisan. Usia Candi ini sudah sangat tua, diperkirakan dibangun pada abad ke-12 Masehi dan sempat dikira sebagai bangunan biasa saja sampai seorang arkeolog menemukan fakta bahwa ini adalah sebuah Candi yang terdiri dari beberapa gugus bangunan.

Selain berwisata, kamu juga bisa belajar banyak sejarah dari tempat-tempat ini. Liburan ke Bali tidak lengkap rasanaya kalau belum membagikan foto kamu selama berada disana ke media sosial. Siapkan pose dan gadget pendukung untuk foto kamu yang paling keren di candi-candi tadi. Jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mengabadikan sunset di Pura Uluwatu ya! (*)

 

207 total views, 12 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.