Transaksi Harian Bursa Efek Indonesia Naik 5,6%

Transaksi Harian Bursa Efek Indonesia Naik 5,6%

Jakarta РRata-rata nilai transaksi perdagangan saham harian di Bursa Efek Indonesia (BEI) meningkat 5,6% menjadi Rp4,51 triliun pada periode 23 November sampai 27 November 2015 dari periode pekan sebelumnya  yang berada di dilevel Rp4,27 triliun. Rata-rata volume transaksi harian juga mengalami kenaikan 22,30% walaupun di sisi lain rata-rata nilai frekuensi transaksi harian berkurang 6,48%.

Pada pekan tersebut, investor asing mencatatkan beli bersih (net buy) di pasar saham dalam lima hari terakhir dengan nilai Rp315 miliar, dan secara tahunan masih tercatat net sell Rp19,72 triliun. Secara mingguan, pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami penurunan 0,02% dibandingkan dengan pekan sebelumnya yang berada di level 4.561,334.

Pada penutupan perdagangan Jumat, ada perubahan komposisi saham dalam penghitungan Jakarta Islamic Index (JII). Setelah dilakukan evaluasi periodek enam bulanan terhadap 30 emiten yang masuk dalam penghitungan JII yang diseleksi dari daftar saham atau efek syariah sebagaimana yang terlah ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), saham Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA) masuk menggantikan saham PT Surya Citra Media Tbk (SCMA). Perubahan ini mulai diberlakukan sejak 1 Desember 2015 sampai 28 Mei 2016.(*) Indra Haryono

Leave a Reply

Your email address will not be published.