Tren Otomotif Stagnan, Honda Raih Pangsa 20,6%

Tren Otomotif Stagnan, Honda Raih Pangsa 20,6%

Jakarta – PT. Honda Prospect Motor (HPM) berhasil meningkatkan pangsa pasarnya. Hingga Juni 2016, pangsa pasar HPM naik dari 15% pada akhir 2015 menjadi 20,6% dari total pasar otomotif di Indonesia. Pada periode tersebut, HPM mencatatkan penjualan sebesar 109.662 unit mobil.

Selain berhasil meningkatkan pangsa pasarnya secara total, Honda juga berhasil meraih posisi market leader melalui beberapa produknya di berbagai segmen, yaitu Honda BR-V yang berada pada segmen Low SUV, Honda Brio pada segmen City Car, Honda Jazz pada segmen Hatchback dan Honda CR-Z pada segmen Sport.

Honda BR-V yang berada pada segmen Low SUV masih menjadi kontributor terbesar untuk penjualan Honda. Hingga Juni 2016, total penjualan produk ini mencapai 29.347 unit. Market share Honda BR-V mencapai 42% dan menjadi market leader di LSUV.

Produk Honda lainnya, yakni Honda Brio juga menjadi market leader di segmen City Car dengan market share mencapai 32%. Hingga Juni 2016, Honda Brio meraih total penjualan sebesar 3.605 unit. Di segmen Hatchback, Honda Jazz menjadi market leader dengan market share mencapai 45%. Honda Jazz mencatat total penjualan sebesar 9.793 unit.

Sementara itu, Honda CR-Z menjadi market leader di segmen Sport dengan pangsa mencapai 50%. Hingga Juni 2016, Honda CR-Z terjual sebanyak 82 unit.

Selain keempat produk yang menjadi market leader tersebut, Honda juga meraih penjualan yang cukup baik melalui produk-produk lainnya. Dari segmen LCGC, Honda Brio Satya telah membukukan total penjualan sebanyak 11.385 unit hingga Juni 2016, dengan market share sebesar 13%.  Selanjutnya New Honda Brio Satya telah terjual sebanyak 5.231 unit, meningkat 314% dibandingkan bulan sebelumnya yang 1.263 unit.

Pada segmen Low SUV, Honda HR-V 1.5L telah membukukan penjualan sebanyak 20.027 unit higga Juni 2016. Market share produk ini mencapai 29%. Masih pada periode yang sama, varian Honda lainnya, yaitu Honda HR-V 1.8L telah terjual sebanyak 5.687 unit dengan market share sebesar 14%.  Kemudian, Honda Mobilio yang berada pada segmen Low MPV telah membukukan penjualan total  sebanyak 23.705 unit dengan market share sebesar 17%.

Sementara dari segmen SUV, Honda CR-V telah membukukan total penjualan sebanyak 4.268 unit dengan market share sebanyak 11%.

Di segmen sedan, All New Honda Civic Turbo telah mencatat total penjualan sebanyak 357 unit dengan market share sebesar 41%. Dan pada segmen Mid Sedan, Honda Accord yang baru didistribusikan pada bulan Juni 2016 membukukan penjualan total sebanyak 122 unit. Untuk segmen Mini Sedan, Honda City telah membukukan total penjualan sebanyak 551 unit dengan market share sebesar 16%. Selanjutnya Honda Odyssey telah membukukan penjualan total sebanyak 116 unit dengan market share sebesar 4%.

Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy mengatakan, meskipun kondisi pasar masih cenderung stagnan hingga pertengahan tahun ini, Honda justru dapat mencapai pertumbuhan penjualan dan meningkatkan pangsa pasarnya secara signifikan. Tak hanya itu, beberapa produk utama Honda juga mampu meraih posisi market leader sehingga menunjukkan minat yang masih kuat dari konsumen untuk produk-produk Honda.

“Tren yang positif ini akan kami pertahankan dengan menawarkan produk-produk yang segar dan paket pembiayaan dan purna jual yang atraktif  untuk konsumen”ujar dia. (*)

Related Posts

News Update

Top News