Transaksi Remittance Dari LN BNI Capai US$31 Miliar

Transaksi Remittance Dari LN BNI Capai US$31 Miliar

Jakarta– PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) mencatat, transaksi pengiriman uang dari luar negeri ke dalam negeri melalui BNI pada 2015 mencapai US$31 miliar. Sedangkan, pengiriman uang dari Indonesia ke luar negeri sebesar USD35 miliar.

Posisi BNI sebagai bank penyedia jasa remitansi tidak tergoyahkan selama 7 tahun berturut-turut setelah Alpha Southeast Asia kembali menganugerahkan predikat sebagai The Best Remittance Provider in Southeast Asia pada 2015 kepada BNI. Penghargaan tersebut disampaikan Alpha Southeast Asia kepada Direktur Perencanaan dan Operasional BNI, Bob Tyasika Ananta, di Kuala Lumpur, Malaysia pada Selasa 2 Februari 2015.

Bob mengungkapkan, Perseroan berkomitmen memberikan layanan terbaik kepada nasabah dengan memberikan sejumlah keunggulan dari produk Smart Remittance BNI. Keunggulan layanan remitansi BNI antara lain karena dukungan jaringan uang luas di dalam dan luar negeri. Saat ini BNI memiliki 6 Kantor Cabang di Luar Negeri (Singapura, Hong Kong, Tokyo, New York, London dan Seoul), dan lebih dari 1.200 Bank Koresponden di seluruh dunia serta adanya perluasan jaringan remitansi internasional melalui penyebaran Remittance Representative di berbagai negara, diantaranya di Malaysia, Hong Kong, Taiwan, Korea Selatan, Qatar, Oman dan Belanda.

Jaringan BNI Smart Remittance juga diperkuat di dalam negeri melalui sinergi Remittance Representative Dalam Negeri yang tersebar hampir di seluruh kantong Tenaga Kerja (TKI) di Indonesia. Smart Remittance BNI dapat dilayani di lebih dari 1.600 outlet BNI serta agen BNI yaitu Pos Indonesia, Alfamart, Pegadaian, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan mitra lainnya yang telah bekerjasama dengan total sebanyak 16.000 outlet.

“Selain itu kami juga memiliki tenaga pemasar remitansi yang siap untuk melayani nasabah, khususnya di kantong-kantong TKI,” ujar Bob.

Keunggulan lainnya menurutnya adalah inovasi fitur produk yang variatif. Kiriman uang tidak hanya dapat diterima ke dalam rekening saja, di BNI terdapat produk BNI Wesel PIN, dimana uang dapat diterima tunai di lebih dari 16.000 outlet BNI dan mitra BNI. Produk ini dapat menjangkau masyarakat Indonesia yang non-bankable karena kiriman uang dapat diambil secara tunai tanpa rekening. Selain transaksi Smart Remittance BNI yang mudah, cepat dan aman, BNI juga selalu melakukan inovasi terhadap pricing yang kompetitif dan terjangkau untuk tiap negara.

Selain fokus pada inovasi produk, BNI juga memiliki Program Corporate Community Responsibility (CCR) dimana BNI melakukan program promosi yang kreatif dan CSR secara berimbang untuk memberikan nilai lebih dan membedakan BNI Smart Remittance di antara para pesaing. Program-program tersebut diantaranya Edukasi Keuangan untuk TKI, Berkah BNI KU (Berbagi Sembako Murah BNI Kiriman Uang) yang berlangsung di 11 kota selama bulan Ramadhan, Pelatihan Kewirausahaan untuk TKI dan Rumah Edukasi TKI di Indramayu.

“Keunggulan lainnya adalah BNI merupakan satu-satunya bank yang memiliki layanan Call Center khusus remitansi yang dapat diakses di nomor telepon 021-29946099 yang beroperasi 7 hari seminggu,” tutur Bob.

Selain remitansi, BNI juga mempertahankan gelar sebagai bank dengan layanan Cash Management terbaik 2015.  BNI berhasil mempertahankan penghargaan ini sejak 2011. Jumlah nasabah pengguna fasilitas tersebut terutama KKKS, karena saat ini BNI adalah satu-satunya bank yang siap dengan layanan yang terintegrasi ini.  Saat ini BNI telah menguasai lebih dari 60 % pembayaran pajak dari KKKS dan terus akan bertambah.  Dengan jumlah nasabah semakin bertambah,  volume transaksi penerimaan negara mencapai 750 ribu transaksi per bulan.(*)Ria Martati

Related Posts

News Update

Top News