Puasa dan Lebaran, BTN Siapkan Uang Tunai Rp29,4 Triliun

Puasa dan Lebaran, BTN Siapkan Uang Tunai Rp29,4 Triliun

Jakarta – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) mengalokasikan Rp29,4 triliun untuk memenuhi kebutuhan dana tunai nasabah jelang dan usai Hari Raya Idul Fitri 1438 H. Jumlah tersebut dianggarkan untuk menjamin kenyamanan nasabah bertransaksi selama Ramadhan.

Direktur Utama Bank BTN Maryono mengatakan, kebutuhan dana tunai pada bulan Ramadhan dan Lebaran selalu mengalami peningkatan. Umumnya, kebutuhan likuiditas tunai tersebut naik 30 persen dari hari biasa. Untuk memenuhi kenaikan kebutuhan dana itu BTN menganggarkan dana sebesar Rp29,4 triliun terhitung mulai 2-30 Juni 2017.

“Kami fokus menjamin kenyamanan nasabah jelang dan usai Lebaran. Dana kas tersebut akan disediakan untuk kebutuhan nasabah secara nasional selama periode 29 hari,” ujar Maryono dalam keterangannya, di Jakarta, Minggu, 4 Juni 2017.

Sebanyak 30 persen dari dana tersebut atau sekitar Rp8,8 triliun akan dialokasikan untuk pengisian mesin anjungan tunai mandiri (ATM) Bank BTN. Kemudian, sisanya atau sekitar Rp20,6 triliun dianggarkan untuk kas pada Kantor Cabang. Selain itu, Bank BTN juga telah melayani penukaran uang baru dan pecahan uang kecil sejak awal bulan Ramadhan untuk mengantisipasi kebutuhan akan uang tersebut di seluruh jaringan kantor perseroan.

Selama libur Idul Fitri 1438 H, emiten perseroan juga akan membuka layanan secara terbatas untuk penerimaan pembayaran angsuran kredit pemilikan rumah (KPR). Selain itu nasabah dapat memanfaatkan mesin CDM (cash deposit machine) untuk melakukan penyetoran pembayaran angsuran KPR melalui rekening tabungan.

Adapun, hingga saat ini Bank BTN tercatat memiliki 1.951 ATM dan terhubung dengan 10.000 jaringan ATM Link. Bank BTN juga memiliki 897 jaringan kantor untuk melayani nasabah perseroan di seluruh Indonesia. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.