JB Sumarlin: Bapak Pakto 88 Itu Telah Pergi

JB Sumarlin: Bapak Pakto 88 Itu Telah Pergi

Jakarta – Mantan Menteri Keuangan di era orde baru, Prof. Dr. Johannes Baptista (JB) Sumarlin dikabarkan telah meninggal dunia pada Kamis siang, 6 Februari 2020 pukul 14.15 WIB dalam usia 87 tahun.

JB Sumarlin menghembuskan napas terakhirnya di RS Carolus, Jakarta. Jenazah akan disemayamkan di rumah duka MRCC Siloam Semanggi, lantai 36 pada pukul 18:00 WIB.

Rencananya, JB Sumarlin akan dimakamkan di San Diego Hills lada hari Senin, 10 Feb 2020. “Mohon dimaafkan semua kesalahannya-kesalahannya selama hidupnya. Kami yang berduka,” ucap keluarga besar JB Sumarlin.

JB Sumarlin adalah tokoh dibalik lahirnya Paket Oktober yang menderegulasi perbankan di tahun 1988. Paket yang mempermudah pendirian bank umum itu ampuh melahirkan bank-bank baru.

Hanya bermodal Rp10 miliar sudah bisa mendirikan bank. Tak peduli apakah itu uang pinjaman atau uang warisan, siapa saja berhak mendirikan bank asal punya duit Rp10 Miliar.

Pakto 88 berhasil melahirkan jumlah bank hingga mencapai 234 bank. Jumlah bank bertambah dan dana pihak ketiga juga meningkat tajam.

Sewaktu menjabat Menteri Keuangan, dirinya juga terkenal dengan “Gebrakan Sumarlin” di mana menarik dana-dana BUMN kembali ke bank bank BUMN.

JB Sumarlin merupakan pria kelahiran Nglegok, Blitar, Jawa Timur, pada 7 Desember 1932 silam. Selain menteri di orde baru, ia juga seorang ekonom senior di Indonesia yang pernah memegang berbagai jabatan di pemerintahan.

JB Sumarlin adalah lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada tahun 1958. Jabatan yang pernah dipegangnya antara lain Ketua BPK, Menteri Keuangan, Ketua Bappenas dan Menag PAN. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.