Jasa Marga Buka Pembayaran Tol ke 4 Bank BUMN

Jasa Marga Buka Pembayaran Tol ke 4 Bank BUMN

Sebelumnya, pada 19 Juni 2015 Jasa Marga dan Jasamarga Bali Tol bersama Bank Mandiri, BRI dan BNI telah melakukan uji coba implementasi pembayaran elektronik ini di jalan tol Bali Mandara. Ria Martati

Jakarta–Lima BUMN, yakni PT Jasa Marga Tbk, PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) dan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) merealisasikan sinergi pembayaran elektronik jalan tol.

Melalui sinergi ini, masyarakat dapat menggunakan instrumen uang elektronik yang dikeluarkan oleh bank BUMN, yakni Mandiri e-money, BRI Brizzi, BNI TapCash dan e-money Bank BTN untuk melakukan pembayaran jalan tol setelah implementasi sistem di semua gardu atau pintu tol selesai dalam waktu dekat ini.

“Ini salah satu yang sejak awal saya mendorong bagaimana bank-bank BUMN memperkuat diri bersama-sama untuk makin kuat di negara sendiri, dan menjelajah negara-negara lain,” tukas Menteri BUMN Rini Sumarno.

Sinergi bank BUMNyang tergabung dalam Himbara ini ditandatangani oleh Direktur Utama Bank Mandiri Budi G. Sadikin, Direktur Utama BRI Asmawi Syam, Direktur Utama BNI Achmad Baiquni, dan Direktur Utama BTN Maryono di Gerbang Tol Kapuk Jakarta, Senin, 31 Agustus 2015. Penandatanganan tersebut juga disaksikan oleh Menteri BUMN Rini Sumarno, Ketua 7 BPK Achsanul Kosasih, dan Direktur Utama Jasa Marga Adityawarman.

“Melalui kerja sama ini maka bisa meningkatkan layanan tol,” ujar Adityawarman dalam acara Sinergi BUMN dalam Implementasi Pembayaran Elektronik Tol Nasional tersebut.

Melalui sinergi ini, masyarakat dalam beberapa waktu ke depan akan dapat menggunakan Brizzi, BNI TapCash dan e-money Bank BTN untuk melakukan pembayaran jalan tol selain Mandiri e-money yang saat ini sudah berjalan. Sebelumnya pembayaran tol secara nontunai hanya bisa dilakukan menggunakan Mandiri e-money, sebagai wujud kerja sama eksklusif yang dijalin Jasa Marga dan Bank Mandiri.

Menurut Direktur Utama Bank Mandiri Budi G. Sadikin, implementasi e-payment jalan tol oleh bank milik negara dan Jasa Marga ini merupakan salah satu realisasi sinergi yang selalu disampaikan Kementerian BUMN.

“Bank Mandiri meyakini, dengan semakin banyaknya uang elektronik yang dapat digunakan untuk pembayaran jalan tol, masyarakat tentu  akan semakin mudah dan nyaman dalam melakukan transaksi pembayaran tol sehingga mobilitasnya pun semakin optimal. Implementasi ini sekaligus untuk mendukung Gerakan Nasional Non Tunai,” katanya.

Direktur Utama Bank BNI, Achmad Baiquni mengemukakan, sinergi pembayaran elektronik jalan tol tersebut memberikan kemudahan bagi masyarakat dengan berbagai alternatif pilihan Bank, juga menjadikan perluasan ekosistem akseptasi Uang Elektronik.

“Transaksi yang mudah dan cepat menggunakan Kartu TapCash BNI diharapkan akan memberikan kontribusi positif bagi sustainability e-payment tol di Indonesia,” kata dia. (*)

Related Posts

News Update

Top News