Jaga Inflasi, Menko Perekonomian Fokus Kembangkan TPID

Jaga Inflasi, Menko Perekonomian Fokus Kembangkan TPID

Jakarta–Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution menyampaikan, bahwa pihaknya di pemerintahan terus melakukan berbagai cara untuk mengendalikan inflasi. Salah satu caranya yaitu dengan membentuk dan terus mengembangkan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID).

“Saya ingat betul pada Rakornas TPID, kita menyadari betul bahwa pemerintah hampir tidak punya perpanjangan tangan ke daerah. Menkeu punya tapi hanya pajak dan bea cukai, tidak ada urusannya dengan inflasi dan makroekonomi. Lalu kita putuskan TPID dibentuk dan dikembangkan,” ujar Darmin di Kompleks Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Senin, 12 Juni 2017.

Inflasi Indonesia sendiri saat ini telah mulai terkendali sesuai target pemerintah di level 4 persen plus minus 1 persen. Angka tersebut pun dinilai telah mulai sejajar dengan negara Filipina yang telah mencapai titik kestabilan inflasinya sejak 2000.

“Saya perhatikan Filipina. Tadinya tidak baik pertumbuhan ekonominya. Inflasi dia mulai di bawah kita secara konsisten sejak awal 2000, 3 persen sampai 4 persen. Kita saat itu masih tinggi,” ungkap Darmin. (Bersambung ke halaman berikutnya)

Related Posts

News Update

Top News