BRI dan Sarinah Dorong UMKM Indonesia Go Global

BRI dan Sarinah Dorong UMKM Indonesia Go Global

Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, (BRI) dan PT Sarinah (Persero) terus menunjukkan komitmen untuk memajukan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Untuk itu, BRI dan Sarinah menggelar pelatihan kepada 55 UMKM binaan Sarinah agar mampu go global.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya BRI untuk mendukung Sarinah menjadi pusat perbelanjaan yang khusus menjual produk UMKM unggulan di Indonesia. “Ini sesuai dengan strategi BRI yang terus berusaha meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pelaku UMKM utamanya secara digital sehingga mampu bersaing di pasar internasional,” kata Supari melalui keterangan resminya di Jakarta, Jumat 21 Febuari 2020.

Dalam acara tersebut, UMKM binaan Sarinah mendapatkan pelatihan terkait peningkatan kapasitas sehingga memiliki orientasi dan strategi ekspor impor serta pemahaman prosedur dan regulasi ekspor impor. Selain itu, BRI juga melakukan sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebagai upaya untuk mendekatkan akses pembiayaan terhadap UMKM binaan Sarinah.

“Ini juga salah satu strategi BRI dalam kaitannya memperbesar penyaluran KUR ke sektor produksi di tahun ini,” tambah Supari.

Semenata itu, Direktur Retail Sarinah Lies Permana Lestari menyatakan menyambut baik kerjasama tersebut. Menurutnya kerjasama ini sesuai arahan Menteri BUMN dan Menteri Koperasi dan UMKM yang ingin menjadikan PT Sarinah (Persero) melalui Sarinah The Window of Indonesia sebagai mall bagi produk-produk UMKM dalam memasarkan produknya.

“BRI dan Sarinah mempunyai komitmen dan misi yang sama untuk mendukung dan mendorong ekonomi Indonesia berbagai upaya yaitu dengan memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM untuk meningkat kualitas produknya yang berorientasi ekspor, dan tentunya kembali sesuai arahan Pak Menteri BUMN, untuk mewujudkan hal tersebut Sarinah harus bersinergi dengan BUMN Perbankan yaitu BRI untuk membantu mengubah wajah Sarinah kedepannya” kata Lies Permana Lestari.

Sebagai bank yang memiliki komitmen untuk memberdayakan UMKM di Indonesia, Bank BRI memiliki berbagai program dalam kaitannya mendorong pelaku UMKM memiliki orientasi ekspor (go global), program tersebut diantaranya BRIncubator dan BRILian Preneur. BRIncubator merupakan program yang berorientasi pada peningkatan kapasitas dan kapabilitas UMKM secara digital dan fokus pada validasi ekspor sehingga mampu Go-Modern, Go-Digital, Go-Online, dan Go Global.

Sementara itu, pada akhir tahun lalu BRI juga menggelar BRILian Preneur, pameran atau expo dengan menampilkan hasil produk UMKM binaan Bank BRI. Tak hanya pameran, dalam acara tersebut juga menyuguhkan acara Business Matching, Talkshow, UMKM Award, Barista Competition, Artist Performance, hingga Art Instalation. Melalui acara tersebut, BRI berhasil memfasilitasi UMKM sebanyak 23 kontrak pembelian dengan total dealing amount sebesar US$33,5 juta atau sekitar Rp495 miliar.

“Ke depan perseroan akan terus melakukan terobosan dalam kaitannya menggerakkan ekonomi kerakyatan melalui pemberdayaan UMKM di Indonesia,” tukas Supari. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News