Beli LPG 3 Kg Bisa Pakai Mocash BRI

Beli LPG 3 Kg Bisa Pakai Mocash BRI

Jakarta– PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk bekerjasama dengan PT Pertamina (Persero) resmi meluncurkan fasilitas pembayaran LPG 3 Kg menggunakan Mocash BRI yang terhubung secara Host to Host dengan SIMOL3K (Sistem Monitoring Penyaluran LPG 3 Kg) Pertamina yang dinamakan Mocash Pertamina LPG.

Penandatanganan kedua belah pihak dilakukan oleh Direktur Kelembagaan  Bank BRI, Kuswiyoto dan  Direktur Pemasaran Pertamina, Ahmad Bambang.  Sinergi kedua BUMN tersebut bertujuan untuk mempermudah transaksi pembayaran dari pangkalan LPG 3 Kg kepada Agen Pertamina.

“Selama ini, transaksi pembayaran dilakukan secara tunai sehingga menimbulkan resiko di sisi agen dalam pengelolaan uang tunai. Melalui Mocash Pertamina LPG, transaksi dapat dilakukan secara cashless, penghitungan  secara real time online dan setiap transaksi akan terbuku by system”, ungkap Corporate Secretary Bank BRI, Hari Siaga dalam keterangan tertulisnya di Jakarta Jumat 5 Februari 2016.

Bank BRI menggandeng Pertamina dalam rangka mendukung Less Cash Society (masyarakat non tunai) dalam transaksi pembayaran LPG 3 Kg dari Pangkalan kepada Agen LPG 3 Kg.

Mocash merupakan salah satu layanan di Mobile Banking BRI untuk kemudahan melakukan transaksi pembayaran/ belanja menggunakan telepon seluler baik berbasis aplikasi atau melalui SMS. Untuk mendapatkan aplikasi, nasabah hanya perlu men-download  aplikasi BRI Mobile di handphone nasabah masing-masing.

Untuk setiap transaksi pembelian tabung LPG 3 Kg menggunakan Mocash, nasabah hanya perlu masuk ke BRI Mobile dan pilih Mobile Banking BRI, dan pilih Mocash, selanjutnya pilih Mocash Pertamina LPG. Pangkalan cukup menginput Store Id Agen (8 digit Kode Agen), Jumlah Pembayaran, ID Pangkalan (15 Digit), Jumlah tabung LPG (sesuai kuota yang diberikan Pertamina), dan tanggal pengiriman. Dengan adanya integrasi sistem ini, Pertamina dapat memonitor langsung penyaluran  dan kuota tabung LPG 3 Kg yang diberikan baik kepada Agen maupun Pangkalan.

Menurut Hari, Bank BRI terus berupaya untuk mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang telah dicanangkan oleh Bank  Indonesia dan Pemerintah. Salah satu wujud nyata dari upaya tersebut adalah MOU kerjasama BRI dengan Pertamina dalam rangka pembayaran LPG 3 kg dari Pangkalan ke Agen menggunakan Mocash Pertamina LPG.

Melalui kerjasama ini, baik Pangkalan maupun Agen LPG 3 kg tidak perlu lagi mengalami kesulitan dalam pengelolaan uang tunai untuk transaksi pembelian LPG sehari-hari. Pangkalan dan Agen juga secara otomatis  mendapat notifikasi transaksi melalui pesan singkat pada handphone yang mereka miliki. Monitoring transaksi juga dapat dilakukan oleh masing-masing agen melalui web keagenan BRI melalui situs  https://agen.bri.co.id.(*) Ria Martati

Related Posts

News Update

Top News