Tips Sukses Berbisnis Properti

Tips Sukses Berbisnis Properti

BISNIS properti merupakan salah satu jenis usaha jangka panjang yang paling populer di seluruh dunia. Maklum saja, bisnis ini sangat menguntungkan dan tidak ada matinya. Namun, bisnis properti tidak mudah dijalankan. Dibutuhkan pemahaman mengenai seluk beluk properti, minimal Anda menguasai kemampuan negosiasi yang baik.

Mengapa Harus Bisnis Properti?

Pernahkah Anda penasaran, apa yang membuat orang tertarik bisnis properti? Sebenarnya, selain menghasilkan keuntungan yang fantastis, ada sejumlah alasan pendukung lainnya. Adapun alasan tersebut, antara lain sebagai berikut:

+ 3C. Bisnis properti memiliki sifat 3C, yakni cash, capital, dan collateral. Properti yang dijadikan sebagai tempat usaha atau rumah kos dapat menjadi sumber cash flow. Jika dijual akan menjadi sumber capital flow, sedangkan properti yang diagunkan akan menjadi sumber collateral.

+ Harga Cenderung Meningkat. Harga properti sangat jarang mengalami penurunan. Sebaliknya, semakin lama harga properti semakin naik. Bahkan bangunan yang telah usang pun masih memiliki nilai jual tinggi. Hal ini terjadi lantaran semakin sulit menemukan tanah kosong. Meningkatnya kebutuhan akan hunian pun menjadi salah satu alasannya.

+ Dapat Dijalankan Meski Modal Minim. Banyak orang beranggapan bahwa bisnis properti membutuhkan modal besar. Pada kenyataannya tidak demikian. Anda dapat memulai bisnis ini dengan modal minim. Caranya adalah dengan menjadi agen properti atau mengajukan KPR.

Tips Agar Bisnis Properti Anda Sukses

Kendati bisnis properti sangat menggiurkan, tetapi untuk menjalankan usaha ini dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Lantas bagaimana cara agar bisnis properti sukses? Simak sejumlah tips berikut ini.

1. Berani Mencoba

Memulai bisnis dari nol memang tidak mudah, tetapi ada keuntungan yang Anda dapatkan, yakni pengalaman berharga. Pebisnis pemula cenderung lebih siap untuk menerima kegagalan. Berkat semangat juang yang tinggi, Anda pun berani mencoba berbagai peluang yang ada. Meskipun tingkat keberhasilan rendah, Anda tak ragu untuk melakukan investasi.

2. Mulai dari Bisnis Jual Beli Tanah

Jika Anda masih sangat awam dengan bisnis properti, tetapi memiliki keinginan kuat untuk sukses, cobalah bisnis jual beli tanah. Hampir sebagian besar pelaku bisnis properti menyarankan hal ini. Bukan tanpa alasan, jual beli tanah banyak dicari orang. Anda pun tak harus mengeluarkan modal.

Tak hanya itu saja, dengan cara ini Anda akan belajar bagaimana caranya menghadapi konsumen secara langsung. Jual beli tanah pun menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Anda dapat menyisihkan sebagian keuntungan untuk ditabung membeli properti.

3. Perluas Relasi

Ingin sukses berbisnis properti? Perluas relasi bisnis Anda. Semakin banyak Anda bertemu orang baru, baik di bidang yang sama maupun tidak maka semakin besar peluang Anda meraih kesuksesan.

4. Jujur

Kejujuran merupakan salah satu kunci sukses di segala bidang, termasuk properti. Anda tidak akan berbohong pada konsumen hanya karena ingin meraih keuntungan. Dengan selalu mengutamakan kejujuran, konsumen akan segan terhadap Anda.

5. Tawarkan Kerja Sama

Kerja sama dalam dunia bisnis sangat lumrah dilakukan. Jika Anda memiliki cukup banyak properti yang ingin dijual atau disewakan, cobalah untuk menawarkan kerja sama. Dengan cara ini Anda dapat menghemat waktu dan tenaga. Namun, pastikan untuk menuliskan kontrak kerja sama berikut besaran komisi. Dengan adanya kontrak, baik Anda maupun rekan sama-sama terlindungi.

6. Promosi

Agar bisnis Anda semakin lancar, gunakan strategi marketing. Salah satu cara paling efektif adalah memanfaatkan media sosial. Pastikan agar gambar properti yang Anda unggah sesuai dengan aslinya, bukan rekayasa. Selain itu, Anda pun bisa melakukan promosi dengan memberikan potongan harga atau cashback bagi pelanggan yang melakukan pembayaran tanpa cicilan.

7. Jangan Menyerah

Menjalankan bisnis properti cukup menguras tenaga, waktu, dan pikiran. Di saat Anda merasa down dan ingin menyerah, ingat bagaimana perjuangan Anda dari awal. Dengan cara ini, semangat Anda akan kembali. Anda pun lebih percaya diri untuk melangkah. Ingat, sukses memang tidak mudah, tetapi tidak mustahil untuk dicapai.

Itulah sejumlah tips untuk meningkatkan peluang kesuksesan bisnis property. Terus tingkatkan pengetahuan dan kemampuan Anda. Dengan begitu, kesuksesan pun bukan sekadar impian semata. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.