Tips Menghindari Ranjau Paku Saat Berkendara

Tips Menghindari Ranjau Paku Saat Berkendara

Jakarta – Ranjau paku kerap menjadi salah satu momok bagi para pengendara. Bagaimana tidak? Jika tak waspada, bisa saja anda terjebak di jalanan sepi dengan ban kempis. Selain membahayakan keselamatan, keberadaan paku-paku penyebab ban kempis ini juga dapat memicu kejahatan seperti perampokan oleh para begal.

Kerap kali, paku-paku ini memang sengaja disebar oleh oknum yang tak bertanggung jawab. Oleh karena itu, setiap pengendara harus bersiap akan ranjau paku ini. Berikut adalah beberapa tips agar anda terhindar dari ranjau paku yang bertebaran di jalan raya;

1. Jangan terobos kubangan jalan

Jangan menerobos kubangan jalan. Jalan raya yang rusak, terutama di pedesaan, memiliki beberapa lubang dan kerap kali membentuk kubangan setelah hujan. Ranjau paku kerap disebar pada kubangan seperti ini agar tak terlihat oleh pengendara. Selain berpotensi menyebabkan ban kempis, menerobos kubangan jalan juga merusak kendaraan anda. Bagian yang paling terpengaruh adalah shock breaker. Efeknya akan semakin buruk apabila anda menerobos dengan kecepatan tinggi.

2. Gunakan lampu dekat pada malam hari

Ketika berkendara pada malam hari, memaksimalkan fungsi lampu kendaraan dengan menggunakan lampu dekat. Anda perlu waspada dengan paku yang kecil dan sulit dideteksi. Dengan menggunakan lampu dekat, anda bisa lebih waspada pada benda-benda dan material yang ada di depan anda. Hindari juga sisi-sisi jalan yang berpotensi disebarnya ranjau paku di jalan raya.

3. Hindari area kiri pada jalan raya satu arah

Usahakan untuk menghindari lajur kiri pada jalan raya satu arah. Penebar ranjau pada umumnya melakukan aksinya diam-diam. Mereka biasanya menebar ranjau paku sembari berjalan santai di sisi kiri jalan raya. Untuk menghindari ranjau paku di lajur kiri, sebaiknya pilihlah lajur tengah atau lajur kanan pada jalan raya satu arah bila lalu lintas tak ramai.

4. Jangan melindas sampah yang tercecer di jalan

Sebisa mungkin hindari sampah yang tercecer di jalan. Oknum tebar paku biasanya kerap menebar ranjau dalam tumpukan sampah yang tercecer di jalan raya. Jika melewati sampah ringan di jalan raya, sebaiknya anda tetap waspada karena tetap ada potensi ranjau paku di sana.

5. Siapkan ban cadangan dan asuransi

Sedia payung sebelum hujan. Ketika anda sedang dalam perjalanan jauh, jangan lupa untuk menyiapkan ban cadangan. Dengan begitu, anda akan siap ketika tiba-tiba ban kempis karena ranjau paku.   

Kemudian agar anda lebih aman berkendara, jangan lupa untuk menyiapkan asuransi berkendara. Dengan asuransi berkendara, anda tak perlu khawatir jika ada terjadi kerusakan parah pada mobil anda. Jika anda belum memilikinya, Asuransi Tugu bisa menjadi pilihan anda.

PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia, Tbk (Tugu Insurance) telah berpengalaman selama lebih dari 37 tahun di dunia asuransi. Dengan asuransi berkendara, T-Ride untuk roda 2 dan T-Drive untuk roda 4, anda dapat merasa aman di jalan tanpa khawatir ranjau paku dan begal kendaraan. Asuransi Tugu menawarkan premi yang terjangkau yakni mulai dari Rp90 ribu untuk produk asuransi T-Ride. Selain melindungi jiwa pengendara, Asuransi Tugu juga akan menjamin biaya perbaikan kendaraan atau mengganti kendaraan hilang karena pencurian. (*) Evan Yulian Philaret

Leave a Reply

Your email address will not be published.