Tips Membuat Password Yang Aman

Tips Membuat Password Yang Aman

Jakarta –  Pernah dengar ada password dibobol? Tentu sering. Karena itupula kita harus menjaga keamanan password yang kita gunakan. Tapi bagaimana cara menjaga password tetap aman?

Masa depan dari keamanan online merupakan penggunaan biometrik, yang akan membantu menjaga informasi personal secara aman tanpa membutuhkan password. Sebagai contoh, fingerprint kini telah banyak digunakan untuk melakukan konfirmasi terhadap identitas Anda ketika melakukan pembayaran melalui smartphone.

Mastercard saat ini tengah mengembangkan pembayaran dengan ‘Selfie Pay’ yang memungkinkan orang-orang untuk menggunakan kamera di telepon seluler mereka untuk melakukan selfie sebagai bagian dari proses otentikasi dua langkah (two-step authentication) saat berbelanja menggunakan telepon seluler. Untuk memastikan foto tersebut diambil dari orang yang sebenarnya, sensor akan melihat gerakan seperti kedipan mata.

Namun teknologi pembayaran tersebut belum dapat tersedia untuk setiap orang, dan sementara itu, Berikut adalah beberapa tips untuk memilih dan menggunakan password yang lebih aman:

Satu, selalu gunakan kombinasi angka, huruf dan karakter lainnya seperti tanda seru

Dua, buat password Anda dalam rangkaian karakter yang panjang – paling tidak delapan karakter, namun idealnya enam belas karakter

Tiga, sebaiknya tidak gunakan nama, lokasi, nomor telepon ataupun tanggal ulang tahun

Empat, gunakan campuran karakter huruf besar dan huruf kecil

Lima, jangan gunakan kata-kata dalam Bahasa Inggris – mayoritas hacker memiliki asumsi bahwa password Anda ditulis dalam Bahasa Inggris

Enam, jangan biarkan situs-situs yang Anda gunakan untuk mengingat password Anda

Dan tujuh, gunakan password yang berbeda untuk situs dan perangkat yang berbeda.(*)

 

Related Posts

News Update

Top News