Tips Membeli Motor Bekas

Tips Membeli Motor Bekas

Jakarta – Tingkat kemacetan yang tinggi, khususnya di Jakarta membuat kendaraan bermotor roda dua kian diminati masyarakat. Apalagi, hal ini turut didukung oleh kemudahan yang diberikan lembaya pembiayaan yang memberikan pembiayaan dengan mudah, cepat dan murah. Tidak hanya motor baru, motor bekas pun jadi incaran masyarakat.

Membeli motor bekas bagi sebagian orang mungkin bukan pilihan. Namun, bagi mereka yang kemampuan ekonominya tidak terlalu bagus, tentu tidak punya pilihan. Sah-sah saja membeli motor bekas, asalkan, kita benar-benar teliti dalam membeli. Karena, kini banyak dijumpai penjual yang berlaku curang agar motor bisa laku dengan harga yang tinggi. Berbagai cara digunakan untuk menutup-nutupi kondisi motor yang sebenarnya sudah tidak bagus. Jika begini, bukannya hemat, malah kita bisa rugi.

Oleh karena itu, sebelum Anda membeli motor bekas baik itu dengan sistem kredit ataupun tunai ada baiknya simak beberapa tips berikut ini, yang bisa membantu Anda dalam mendapatkan motor bekas berkualitas.

Pertama, siapkan keuangan keluarga untuk mengukur besarnya uang atau cicilan yang nanti akan dikeluarkan untuk membeli motor baik secara tunai maupun mencicilnya tiap bulan. Sesuaikan harga motor dengan kemampuan finansial yang Anda miliki

Kedua, jika anda memutuskan membeli motor bekas, maka teliti dengan cermat mesinnya. Jangan sampai Anda membeli motor yang sudah tidak layak pakai, karena bisa jadi uang Anda akan habis hanya untuk bolak balik ke bengkel untuk memperbaiki motor.

Ketiga, alangkah baiknya jika Anda menakar dulu tujuan penggunaan motor, dan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan finansial Anda.

Keempat, lakukan pengecekan harga pasar. Dengan demikian, Anda sudah punya referensi ketika melakukan tawar menawar dengan penjual.

Kelima, carilah dealer motor terpercaya yang sudah memiliki reputasi yang baik, dengan layanan after sales yang baik. Jika membeli motor kepada perorangan, akan lebih baik jika orang tersebut adalah orang yang dekat dengan Anda, seperti teman, atau saudara. Sehingga, jika ada sesuatu hal, Anda dapat dengan mudah menanyakan hal tersebut kepada si penjual motor.

Keenam, pastikan kendaraan memiliki surat kepemilikan dan pajak yang lengkap dan asli.

Jika sudah mantap, maka Anda bisa membeli motor tersebut, baik secara tunai maupun kredit. Namun yang tak kalah penting adalah hati-hati dalam berkendara. Sebab perlu diingat, saat ini jumlah kecelakaan dalam berkendara cukup tinggi. Risiko bisa membayangi Anda kapan saja dan dimana saja. Jika ingin lebih nyaman dalam berkendara, akan lebih baik jika kendaraan Anda dilindungi asuransi kendaraan.

Saat ini, tidak sulit membeli asuuransi kendaraan yang bisa melindungi kendaraan maupun jiwa Anda. Tugu Insurance, misalnya. Produk asuransi kendaraan milik Tugu Insurance ini kini dapat dengan mudah Anda dapatkan di beberapa SPBU tempat Anda mengisi bahan bakar. Preminya pun sangat terjangkau, karena premi produk t-ride dari Tugu Insurance mulai dari Rp90 ribu saja per tahun. t-ride akan menjamin biaya perbaikan kendaraan atau mengganti kendaraan yang hilang karena pencurian.

t-ride juga menawarkan jaminan tambahan perlindungan dari beberapa risiko seperti huru-hara, kerusuhan, terorisme, sabotase, banjir, angin topan, gempa bumi, dan tsunami. Produk ini juga menawarkan jaminan tambahan berupa tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga, kecelakaan diri pengemudi, dan kecelakaan diri penumpang. Nah, jika sudah punya motor, dan asuransinya, maka berkendaralah dengan hati-hati.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.