Tips Hindari Tindak Kriminal Saat Mudik Lebaran

Tips Hindari Tindak Kriminal Saat Mudik Lebaran

Jakarta – Libur Lebaran dinanti-nanti masyarakat, khususnya yang ingin mudik atau pulang ke kampung halaman.

Namun disamping ada rasa kebahagiaan saat menuju kampung halaman, tentu tingkat kewaspadaan tetap harus selalu ditingkatkan. Maklum, kejahatan di saat musim Lebaran selalu ada dan kerap marak terjadi dimana-mana, khususnya terminal.

Untuk meningkatkan kewaspadaan, tentunya ada berapa hal yang perlu diperhatikan para pemudik, khususnya yang menggunakan transportasi umum seperti bus maupun kereta.

Pertama jangan terlalu banyak membawa uang cash atau tunai. Hal ini untuk mengurangi rasa waswas saat berpergian. Jika keadaan mendesak dah tidak memiliki tabungan, ada baiknya menaruh uang cash tersebut ditempat yang benar-benar sulit dijangkau.

Kedua jangan lengah dan fokus terhadap barang bawaan. Mengingat kejahatan selalu ada dalam sebuah kesempatan, para pemudik dihimbau selalu waspada. Curigai hal-hal yang dinilai aneh didalam maupun di luar kendaraan.

Ketiga jangan mudah percaya orang tak dikenal. Kerap kali setiap tahun ada kasus kejahatan disaat mudik dengan modus memberikan makanan atau minuman, hal tersebut dilakukan tindak kriminal untuk membius si pemudik.

Ketiga hal diatas perlu dilakukan pemudik, paling tidak agar meminimalisir peluang tindak pelaku kejahatan untuk berbuat kejahatan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.