Tips Berkendara Aman di Jalan

Tips Berkendara Aman di Jalan

Keamanan di jalan saat mengendarai kendaraan perlu diperhatikan para pengemudi. Pasalnya kelalaian muncul tidak hanya berasal dari pengendara, tapi juga bisa muncul dari orang lain.

Risiko terluka maupun kematian dapat dikurangi dengan cara meningkatkan keamanan.

Berikut beberapa tips berkendara dengan baik.

Pertama Cek Kondisi Kendaraan dan Pahami Pergerakan Kendaraan

Hal perlu dilakukan, untuk mengindari hal-hal yang tidak diinginkan, ketika sedang Berkendara. Pengendara juga perlu memahami pergerakan kendaraan termasuk dinamika kendaraan itu sendiri, antara lain ketika melakukan akselerasi, menikung atau mengerem kendaraan. Hal ini untuk dapat memprediksi arah gerak mobil ketika mengalami keadaan tersebut.

Kedua Jaga Kecepatan Kendaraan

Jagalah kecepatan kendaraan saat mengemudi agar bergerak stabil untuk menghindari tabrakan dengan mobil lain atau pejalan kaki. Tetapi jangan juga melaju terlalu lambat sehingga menghambat pengendara lain – itu sama berbahayanya.

Ketiga Jaga Jarak Aman

Menjaga jarak aman adalah cara yang mudah menghindari tabrakan. Ketika mengemudi disarankan jarak kendaraan yang anda kendarai dengan kendaraan lain tidak terlalu dekat.

Salah satu cara mudah untuk mengukur jarak aman adalah dengan peraturan 3 detik. Caranya, hitung waktu kendaraan di depan Anda melintas sebuah benda. Jarak waktu hingga Anda bisa mencapai benda tersebut harus tiga detik setelah kendaraan di depan Anda melintas.

Keempat Awas Dengan Kondisi Sekitar

Pengendara harus mengarahkan pandangan jauh ke depan untuk memperkirakan kecepatan serta jarak aman. Pandangan ini juga berguna untuk memetakan kondisi jalan yang dilalui sehingga bisa mengantisipasi kemungkinan seperti jalan berlubang atau rintangan lain.

Kelima Hindari Penggunaan HP Saat Mengemudi

Larangan penggunaan telepon genggam saat mengemudi, secara spesifik tidak diatur dalam UU No 22 Tahun 2009. Tapi, pengendara yang menggunakan telepon genggam bisa terjerat pasal 106 ayat 1 tentang pengemudi wajib mengendarai kendaraan dengan penuh konsentrasi.

Itulah bebetapa tips mengemudi kendaraan dengan aman di jalan.

Jika ingin mengetahui seberapa baiknya anda mengemudi kendaraan di jalan. Ada baiknya mencoba aplikasi t-drive.

Aplikasi ini bisa di download melalui Google Play untuk platform Android dan Apple App Store.

Aplikasi yang diluncurkan oleh PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) ini untuk meningkatkan kesadaran mengemudi kendaraan secara aman.

Aplikasi t-drive tak hanya ditujukan bagi pelanggan Tugu Insurance melainkan juga masyarakat umum. Aplikasi ini memuat 2 fitur yaitu fitur pengguna umum dan fitur khusus untuk pelanggan Tugu Insurance, guna memantau kinerja pengemudi dalam aspek kecepatan, akselerasi, menikung, penggunaan telepon seluler, mengemudi pada pagi hingga malam hari, serta melihat jejak CO2. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.