Tips Antar Anak Sekolah Dengan Aman

Tips Antar Anak Sekolah Dengan Aman

Jakarta – Tahun ajaran baru telah dimulai. Jalanan yang biasanya agak lengang sepanjang liburan sekolah kembali padat. Pasalnya, rutinitas para orang tua mengantar jemput anak ke sekolah kembali merebak.

Namun, ramainya lalu lintas di jalanan dan rawannya kecelakaan seringkali membuat orang tua cemas. Untuk itu, ada baiknya orang tua jaman now lebih memperhatikan kemanan dan keyamanan aktifitas antar jemput anak. Apa saja yang perlu diperhatian dan dipersiapkan orang tua? Berikut beberapa tips yang dapat diterapkan orang tua:

Satu, pastikan penjemput dalam kondisi fit.

Umumnya kegiatan mengantar sekolah dilakukan di pagi hari. Bagi yang rumahnya cukup jauh jaraknya dari sekolah, mereka akan berangkat lebih pagi. Pastikan pengantar atau orang tua dalam kondisi fit, tidak kecapean dan tidak mengantuk. Hal ini untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Dua, sesuikan kapasitas kendaraan.

Sesuaikan kapasias penumpang dengan kapasitas kendaraan. Jangan membeirkan beban lebih pada kendaraan anda yang tidak sesuai kapasitasnya sehingga bisa membahayakan penumpang.

Tiga, lengkapi diri dengan kelengkapan surat berkendara dan pengetahuan dasar kendaraan

Dalam berkendara orang tua dan pengantar wajib untuk melengkapi diri dengan surat berkendara seperti Surat Izin Mengemudi, dan Surat Kepemilikan Kendaraan Bermotor. Hal ini penting, tidak hanya untuk terhidar dari razia polisi, tetapi juga untuk kemanan pengendara sendiri apabila terjadi hal-hal yang membutuhkan kelengkapan surat berkendara.

Selanjutnya, lengkapi diri juga dengan pengetahuan dasar tentang kendaraan. Setidaknya, Anda mengetahui bagian-bagian penting pada mesin mobil, mengenali masalah yang sering terjadi, serta mengetahui cara penyelesaiannya. Kadang kala, hanya dengan sedikit perbaikan, masalah pada mobil dapat diatasi.

Empat, siap sedia dengan Nomor Telepon Darurat

Anda perlu mengantongi nomor telepon darurat di tempat yang mudah dijangkau. Salah satunya, nomor telepon anggota keluarga atau tukang bengkel langganan yang dapat dipanggil sewaktu-waktu jika Anda bermasalah dengan kendaraan.

Lima, jadikan perjalanan lebih menyenangkan

Rute yang sama setiap hari pasti membosankan bagi anak. Karena itu, lakukan sesuatu yang dapat membuat rasa bosan itu hilang. Misalnya, melewati jalur yang berbeda dari biasanya. Anda juga dapat menerapkan permainan khusus atau aktivitas lain yang membuat anak lebih bersemangat.

Enam, perlengkapan keselamatan bagi anak

Tahukah Anda jika sabuk pengaman dirancang untuk menahan tubuh supaya tidak terpental ketika terjadi guncangan keras pada saat berada di mobil. Faktanya, sering kali orang tua membiarkan anak-anak untuk tidak mengenakan sabuk pengaman tersebut.

Untuk meminimalkan risiko jika terjadi kecelakaan, mintalah anak untuk duduk dengan tenang saat mobil sedang melaju. Jangan lupa, kenakan pula sabuk pengaman dengan baik. Sebelumnya, berikan pemahaman yang mudah dimengerti anak sehingga ia dapat menerima aturan tersebut tanpa merasa terpaksa.

Tujuh, lengkapi kendaraan anda dengan perlindungan asuransi kendaraan bermotor.

Asuransi akan membeirkan perlindungan dan penjaminan apabila terjadi risiko kerugian akibat kerusakan, dan kehilangan kaena kecelakaan atau musibah. Tugu Insurance memiliki dua produk asuransi kendaraan bermotor, yakni T-RIDE dan T-DRIVE. T-RIDE merupakan produk asuransi yang memberikan ganti rugi terhadap risiko kehilangan atau kerusakan akibat kecelakaan pada motor kesayangan Anda. Sementara T-DRIVE adalah produk asuransi yang memberikan ganti rugi terhadap risiko kehilangan atau kerusakan akibat kecelakaan pada mobil kesayangan Anda.

Yang paling penting adalah selalu utamakan keselamatan dengan mempersiapkan fisik dan kendaraan Anda saat akan berkendara. Semoga bermanfaat.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.