Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Bepergian

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Bepergian

Jakarta – Rumah yang kosong saat bepergian menjadi salah satu hal yang dikhawatirkan oleh para pemilik rumah. Pada momen seperti mudik, tingkat pencurian rumah memang cenderung meningkat. Belum lagi dengan jumlah kebakaran yang meningkat akibat hubungan pendek arus listrik atau kebocoran gas. Pemilik rumah harus waspada dan melakukan segala tindakan pencegahan agar hal-hal ini tak terjadi.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda terapkan agar rumah aman ketika bepergian:

1. Matikan aliran listrik dan cabut regulator gas

Listrik dan gas adalah dua sumber energi pemicu kebakaran ketika rumah ditinggal bepergian. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mematikan seluruh aliran listrik dari sumbernya untuk menghindari korsleting penyebab kebakaran. Selain itu, jangan lupa untuk melepas regulator gas untuk menghindari adanya kebocoran gas penyebab kebakaran.

2. Tutup saluran air dan keran

Agar tak membuang-buang air, sebelum bepergian cek dahulu semua keran dan saluran air. Pastikan dalam kondisi tertutup agar tak ada kebocoran yang menyebabkan pemborosan.

3. Simpan barang-barang berharga

Tips ketiga, simpanlah barang berharga yang tak dibawa di tempat yang aman. Simpanlah barang seperti laptop, perhiasan, dan surat berharga dalam sebuah lemari atau brankas yang aman. Sehingga ketika terjadi kebakaran barang-barang tersebut bisa diselamatkan.

4. Kunci pintu dan jendela serta pasang CCTV

Sebelum bepergian, pastikan semua pintu dan jendela dalam keadaan terkunci rapat. Selanjutnya, jangan lupa bawa kunci-kuncinya dan simpan dengan baik. Untuk lebih aman, pasanglah kamera CCTV di beberapa bagian rumah anda, seperti kamar atau ruang tamu. Pilihlah CCTV yang bisa kamu akses lewat HP sehingga anda tetap bisa memantau keadaan rumah.

5. Proteksi diri dengan asuransi

Untuk berjaga-jaga, proteksi diri dengan asuransi rumah tinggal. Dengan asuransi, anda tak perlu khawatir jika terjadi hal yang tak diinginkan seperti, kebakaran dan pencurian. Jika anda belum memilikinya, Asuransi Tugu dapat menjadi salah satu pilihan tepat.

Dengan pengalaman lebih dari 37 tahun, PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia, Tbk (Tugu Insurance) memiliki banyak produk yang akan memberi anda rasa aman saat bepergian. Proteksi asuransi tugu memberikan perlindungan dan jaminan terhadap rumah tinggal Anda atas risiko yang bisa terjadi.

Asuransi rumah tinggal tugu menawarkan polis asuransi untuk melindungi aset rumah anda dan isinya dari berbagai macam risiko. Risiko utama yang dijaminkan adalah kebakaran, tersambar petir, terkena ledakan, kejatuhan pesawat terbang, dan gangguan asap. Dengan perluasan jaminan, asuransi rumah tinggal tugu juga akan melindungi rumah anda dari kerusuhan, huru-hara, dan tertabrak kendaraan. (*) Evan Yulian Philaret

Leave a Reply

Your email address will not be published.