Tips Aman Berkendara di Musim Hujan

Tips Aman Berkendara di Musim Hujan

Musim hujan telah datang, tidak hanya bencana alam, musim hujan pun mengundang bahaya di jalan raya. Hal ini disebabkan oleh jalanan yang licin, ditambah lubang di jalan yang tak terlihat karena tertutup oleh genangan air.

Melihat hal tersebut, setiap pengemudi kendaraan bermotor tentu perlu waspada, baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Pasalnya, angka kecelakaan di jalan raya biasanya meningkat saat musim hujan datang.

Kecelakaannya pun berbagai macam, mulai terdiri dari kecelakaan tunggal, maupun kecelakaan yang melibatkan orang lain.

Tidak mau hal ini terjadi? Berikut tips aman berkendara di musim hujan.

1 Cek kendaraan sebelum digunakan. Kendaraan harus siap sebelum digunakan saat hujan.

Kesiapan kendaraan menjadi salah satu faktor utama yang harus disiapkan saat musim hujan datang. Jangan hanya asal bisa jalan. Mulai dari kondisi ban hingga kondisi lampu.

Ban adalah salah satu yang paling penting untuk diperhatikan ketika membawa kendaraan saat hujan. Kondisi jalanan yang licin tentunya harus didukung oleh kondisi ban yang benar-benar prima.

Jangan sampai ban kempes ketika kendaraan sedang digunakan untuk menempuh perjalanan yang cukup jauh.

Bukan hanya tekanan anginnya, Anda juga harus memerhatikan apakah ban masih bagus atau tidak. Jika karet ban sudah tipis, sebaiknya segera ganti sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan di jalan raya.

2 Kurangi Kecepatan kendaraan Saat Ujan

Mengurangi kecepatan kendaran saat hujan adalah hal yang wajib dilakukan. Saat hujan jalanan bukan hanya licin karena air, namun bisa juga licin karena air yang bercampur dengan oli yang berceceran.

Kalau hal tersebut terjadi, maka bisa saja ban kendaraan Anda tergelincir atau slip. Supaya hal itu tidak terjadi, kemudikanlah mobil dengan kecepatan rendah.

Kendaraan yang melaju dengan kecepatan rendah, akan membuat alur ban bersentuhan langsung dengan aspal. Ini tentunya akan membuat daya cengkram ban menjadi sangat baik.

3 Menyalakan Lampu Kendaraan

Ketika hujan turun dengan cukup deras, maka kondisi jalanan pun menjadi tidak jelas. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menyalakan lampu depan dan belakang ketika berkendara.

Tidak hanya saat hujan deras, Anda juga perlu menyalakan lampu meski hujan hanya rintik-rintik.

Menyalakan lampu tentunya membuat pengendara dapat melihat kondisi jalan yang ada di depan. Saat hujan lampu ke daraan yang menyala juga dapat berguna untuk pengendara lainnya.

4 Jaga Jarak Aman Dengan Kendaraan Lain

Sebisa mungkin Anda harus menyesuaikan jarak aman berkendara saat hujan turun. Kondisi jalan yang licin membuat kendaraan membutuhkan jarak ketika harus mengerem.

Jarak yang dibutuhkannya pun dapat dikatakan sedikit lebih jauh jika dibandingkan mengerem ketika jalanan kering.

5 Hati-Hati Dengan Genangan Air

Lubang kecil atau besar pun tidak akan terlihat jika sudah tertutup oleh genangan air. Kalau lubangnya tidak terlalu dalam, mungkin tidak akan terlalu bahaya. Kalau lubangnya besar, kendaraan bisa saja terperosok di dalamnya.

Tentu perjalanan Anda pun akan sangat terganggu dan membuat jalanan menjadi macet.

6 Download Aplikasi T-Drive

PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) meluncurkan aplikasi t-drive. Aplikasi ini penting, karena dibuat untuk meningkatkan kesadaran mengemudi kendaraan secara aman. Disitu akan terliat seberapa baiknya pengemudi mengendarakan kendaraannya di jalan.

Aplikasi ini sendiri dapat diunduh via smartphone oleh masyarakat luas melalui Google Play untuk platform Android dan Apple App Store.

Aplikasi t-drive tak hanya ditujukan bagi pelanggan Tugu Insurance melainkan juga masyarakat umum. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.