Tingkatkan Literasi, OJK Goes to Campus Digelar di NTT

Tingkatkan Literasi, OJK Goes to Campus Digelar di NTT

Kupang–Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar kegiatan “OJK Goes to Campus” di Universitas Nusa Cendana, Nusa Tenggara Timur sebagai bagian dari edukasi literasi keuangan.

Direktur Pengembangan Inklusi Keuangan OJK, Eko Ariantoro mengajak mahasiswa untuk menjadi agen edukasi literasi keuangan untuk masyarakat.

“Kalau mahasiswa ini yang jumlahnya 30.000 bisa melakukan edukasi pada 5 juta penduduk NTT ini luar biasa,” kata Eko dalam acara OJK Goes to Campus di Kupang, Selasa 29 Maret 2016.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Anggota Komisi XII DPR RI Johny G. Plate, Rektor Universitas Nusa Cendana Fred Banu serta Kepala Kantor OJK NTT Winter Marbun. Eko mengatakan, OJK memiliki fungsi literasi dan edukasi. Sebab menurutnya masih banyak orang belum memahami berbagai produk dan jasa industri keuangan, meskipun telah memiliki produknya.

Enggak mungkin kami jalan untuk edukasi 250 juta penduduk Indonesia. Melalui mahasiswa-mahasiwa inilah kita edukasi masyarakat,” tambahnya.

Menurutnya, angka literasi di NTT masih lebih rendah dibanding angka literasi nasional yaitu di angka 19% dibanding 21,8%. Rendahnya tingkat literasi keuangan di NTT tersebut menurutnya menjadi salah satu faktor penyebab pertumbuhan ekonomi di NTT belum terlalu tinggi.

Menurut Eko, ada 3 hal yang harus diketahui tentang produk dan jasa keuangan yaitu mengenali kebutuhan dan produknya, mengenali manfaat dan risiko produk, serta memahami hak dan kewajiban dalam menggunakan produk keuangan tersebut. (*) Ria Martati

 

Editor: Paulus Yoga

Related Posts

News Update

Top News