Tanamduit Kebanjiran Peminat Sukuk Tabungan ST-002

Tanamduit Kebanjiran Peminat Sukuk Tabungan ST-002

Jakarta – Pemerintah telah menerbitkan Sukuk Tabungan seri ST-002 dengan imbal hasil 8,30 persen per tahun. Tanamduit kembali digandeng pemerintah sebagai mitra distribusi resmi atau agen penjual Sukuk Tabungan ST-002 yang pembeliannya dapat dilakukan secara praktis melalui online dan dijamin keamanannya.

Direktur Pengembangan Bisnis Tanamduit, Muhammad Hanif dalam keterangannya yang dikutip di Jakarta, Selasa, 6 November 2018 mengatakan, sejak instrumen investasi tersebut diluncurkan oleh pemerintah pada 1 November 2018 lalu, Tanamduit mengalami lonjakan peminat dua kali lipat dibanding pemesanan Surat Utang Negara seri 004 (SBR004).

“Dalam 5 hari pemesanan, nasabah yang bertransaksi di Tanamduit telah mencapai sekitar 250 orang,” ujarnya.

Perlu diketahui fitur Sukuk Tabungan ST-002 hampir mirip dengan SBR004, kedua investasi itu sama-sama terbilang memiliki faktor risiko yang sangat kecil lantaran dikeluarkan oleh pemerintah, ditambah faktor pemicu tingkat pengembalian yang terbilang besar. Untuk dapat melakukan pemesanan ST-002 tersebut dilakukan dengan minimum pemesanan Rp1 juta sampai dengan maksimal pemesanan sebesar Rp3 miliar. Salah satu yang membedakan, ST-002 menggunakan akad wakalah yang berbasis syariah.

Menurut data yang dikutip dari laman DJPPR Kementerian Keuangan, jumlah investor SBR004 dari generasi milenial (kelahiran 1980-2000) mendominasi dengan porsi kue mencapai 40,99 persen dari total jumlah investor. Hanif menambahkan, “Kalangan milenial saat ini sudah lebih melek investasi, kami optimis peminat ST-002 yang membeli melalui tanamduit akan meningkat signifikan, karena fitur instrumen tersebut disenangi generasi milenial dimana profilnya sesuai dengan target market kami,” ucapnya.

Generasi milenial merupakan generasi yang mengedepankan kepraktisan dalam hal apapun tak terlepas untuk urusan investasi, disamping itu gaya hidup yang tidak bisa lepas dari internet. Keunggulan yang ditawarkan oleh Tanamduit salah satunya transaksi yang praktis dan tidak makan waktu lama.

Transaksi pembukaan rekening dapat dilakukan secara daring, tidak perlu mengisi formulir yang berlapis-lapis dan dapat dilakukan dalam 5 menit. Cukup dilakukan dengan mencantumkan data berupa E-KTP dan tanda tangan virtual tanpa harus menggunakan NPWP, terlebih pembukaan rekening tidak dipungut biaya apapun. Begitu pula dengan proses pembelian, semua dapat dilakukan melalui aplikasi tanamduit.

“Kehadiran Tanamduit sebagai salah satu perusahaan fintech diharapkan dapat menjadi solusi berinvestasi yang dapat menjawab tingginya tuntutan tinggal di daerah urban. Di sela-sela waktu yang padat pun investasi dapat dilakukan dengan ujung jari anda”, tutup Hanif. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.