Sun Life Dorong Kemapanan Finansial Masyarakat Lewat Edukasi

Sun Life Dorong Kemapanan Finansial Masyarakat Lewat Edukasi

Jakarta – Sun Life Finansial Indonesia meluncurkan program kampanye komunikasi #LebihBaik Sekarang. Tujuannya, mengajak masyarakat Indonesia agar tidak menunda lagi dalam perencanaan keuangan.

Sun Life terdorong untuk melakukan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya mencapai kemapanan finansial. Sebab, masih rendahnya indeks literasi keuangan, khususnya asuransi, di Indonesia.

Menurut hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan OJK pada tahun 2016, tingkat literasi terhadap industri asuransi relatif rendah.

Indeks literasi asuransi hanya 15,76%, turun dari survei tahun 2013 sebesar 17,84%. Sementara itu, tingkat utilitas sebesar 12,08%, tak jauh berbeda dari survei 2013 sebesar 11,81%.

Artinya, dari 100 orang Indonesia, hanya 15-16 orang mengenal lembaga jasa keuangan asuransi. Hanya 12 orang yang menggunakan jasa asuransi.

“Inilah yang mendorong Sun Life untuk terus melakukan edukasi. Salah satunya melalui kampanye komunikasi #LebihBaik Sekarang,” ujar Presiden Direktur Sun Life Finansial Indonesia, Elin Waty, saat acara peluncuran di Jakarta, Rabu, 31 Mei 2018.

Baca juga: Sun Life Edufair Bantu Rencanakan Pendidikan Terbaik Untuk Anak

Menurut Elin, literasi keuangan dan pengelolaan keuangan keluarga sangat penting. Sebab, keluarga merupakan salah satu pilar perekonomian bangsa.

“Selain itu, sebagai unit terkecil dari masyarakat, keluarga memiliki fungsi untuk menanamkan nilai-nilai, salah satunya terkait pengelolaan keuangan,” paparnya.

Agar program edukasi literasi keuangan lebih ringan dan menghibur, Sun Life menggunakan video web series bertajuk “Keluarga Surya” untuk menyampaikan pesan. Video ini bisa disaksikan melalui kanal resmi YouTube Sun Life Financial Indonesia (Sun Life Financial ID).

“Sarana edukasi literasi keuangan ini dapat dengan mudah diakses masyarakat luas dalam konten visual digital dan mengusung genre komedi situasi yang sarat makna,” ujar Shierly Ge, Chief Marketing Officer Sun Life Financial Indonesia, saat peluncuran.

Sun Life berharap, melalui kampanye #LebihBaik Sekarang, serta muatan pesan yang disampaikan melalui video web series “Keluarga Surya”, semakin banyak masyarakat yang tergerak untuk memulai perencanaan keuangan sejak dini. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.