Sri Mulyani Yakin Penerimaan Pajak Membaik

Sri Mulyani Yakin Penerimaan Pajak Membaik

Jakarta–Menteri Keuangan, Sri Mulyani menyerahkan realisasi penerimaan pajak semester satu kepada Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Sri Mulyani mengungkapkan, hingga semseter satu tahun 2017 penerimaan pajak menunjukkan kinerja yang lebih baik dari semester satu 2016, di mana secara keseluruhan tumbuh 9,6 persen. Tercatat realisasi penerimaan pajak pada semester satu 2017 sebesar Rp571,9 triliun.

“Dibandingkan pertumbuhan semester satu tahun lalu (yang) negatif 2,5 persen. Atau dengan total kumulatif naik 12,1 persen,” ungkap Sri Mulyani di Kompleks DPR-RI, Jakarta, Kamis, 13 Juli 2017.

Selain itu Sri Mulyani mengungkapkan, kinerja positif juga tercermin dari Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang tumbuh sebesar 13,5 persen. Dengan kumulatif tumbuh 16,6 persen dari semester satu tahun lalu. “Kalau PPN, semester satu tumbuh 13,5 persen. Semester satu tahun lalu negatif 3,1 persen,” terangnya.

Selain itu untuk kinerja pajak penghasilan orang pribadi semester satu tahun ini juga tercatat lebih baik dari seluruh tahun 2016. PPH orang peribadi, menurut Sri Mulyani, ini juga dinilai naik akibat kepatuhan yang meningkat.

Selain itu pada bea keluar tercatat juga meningkat sebesar 31,6 persen untuk semester satu, jauh berbanding terbalik pada tahun lalu yang negatif 33 persen. Sri Mulyani mengungkapkan, akan tetap menjaga penerimaan perpajakan hingga akhir tahun 2017.

“Dengan beberapa indikator ini kami akan tetap menjaga penerimaan perpajakan diperbaiki sampai akhir tahun 2017,” tutupnya. (*)

 

 

Editor: Paulus Yoga

Related Posts

News Update

Top News