Sosok Dibalik Kejayaan Niaga

Sosok Dibalik Kejayaan Niaga

SIAPA tak kenal sosok Robby Djohan. Bank Niaga adalah Robby Djohan dan Robby Djohan adalah Bank Niaga. Tahun 1990-an, Bank Niaga merupakan bank dengan profesionalisme tinggi, dan menjadi bank di jajaran elit. Nah, selain Robby Djohan ada satu lagi orang yang menjadi “tulang rusuk” Bank Niaga. Dialah Nono Zainudin.

Nono Zainudin seperti yang digambarkan di buku Nono Zainudin Dalam Kenangan Sahabat Bank Niaga adalah sosok yang mengayomi karyawan – karyawan di Bank Niaga. Kebijaksanaannya telah berkontribusi besar terhadap perkembangan Bank Niaga, khususnya pada bidang sumber daya manusia karena nilai – nilai yang ia tanamkan ke korporasi begitu kuat sehingga membentuk corporate culture yang meresap ke dalam hati setiap bawahan dan rekan kerjanya.

Nono Zainudin juga adalah salah satu sosok yang menanamkan benih keberhasilan ke dalam diri Agus Martowardojo yang kelak menjadi Menteri Keuangan dan Gubernur BI. Nono adalah sosok yang membuka kesempatan kepada Agus untuk bergabung ke Bank Niaga saat Bank Niaga sedang ingin membangun corporate banking branch di Jakarta.

Ia memberi nasihat kepada Agus untuk selalu berjalan dalam integritas dan profesionalisme. Nono Zainudin dikenal sebagai sosok ayah sekaligus sahabat yang dapat memberikan ketenangan terhadap bawahannya dan mendidik dengan kebijaksanaan.

Beliau bersama bankir – bankir berkualitas lainnya seperti Peter B Stok, Agus Martowardojo, dan lainnya membangun Bank Niaga menjadi besar sampai seperti saat ini.

Buku Nono Zainudin Dalam Kenangan Sahabat Bank Niaga sekaligus menjadi ulasan lengkap untuk penulisan terkait beliau berikutnya, mengingat dokumentasi terkait Nono Zainudin sangat minim padahal ia memiliki pengaruh besar dan mendalam dalam pembangunan budaya perusahaan dan sumber daya manusia Bank Niaga. Legacy yang ia berikan menjadi salah satu landasan bank yang sekarang berubah nama menjadi CIMB Niaga ini.

Judul: Nono Zainudin Dalam Kenangan Sahabat Bank Niaga
Ketua Pengarah: Gunarni Soeworo
Jumlah Halaman: 258 halaman
Penerbit: Rayyana Komunikasindo
Tahun Terbit: 2019. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.