SMI Kucurkan Pinjaman Untuk Pembangunan Rumah Sakit

SMI Kucurkan Pinjaman Untuk Pembangunan Rumah Sakit

Jakarta–PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau SMI menandatangani perjanjian pemberian fasilitas pinjaman pertamanya untuk infrastruktur sosial. Fasilitas ini diberikan pada PT Nusantara Sebelas Medika (PT NSM) yang merupakan anak perusahaan PT Perkebunan Nusantara XI untuk pengembangan Rumah Sakit Umum Lavalette, Malang – Jawa Timur.

Pinjaman senilai Rp70 miliar dengan tenor 8 tahun tersebut akan digunakan untuk meningkatkan kapasitas Rumah Sakit Lavalette yang saat ini sudah over capacity.

Corporate Secretary SMI Astried Swastika mengatakan pinjaman tersebut akan digunakan untuk pembangunan gedung perawatan lima lantai, dan pengembangan fasilitas medis maupun nonmedis. Salah satu fasilitas yang akan dikembangkan adalah fasilitas radiotheraphy, yang juga digunakan dalam perawatan kanker. Peningkatan fasilitas rumah sakit ini, diharapkan memberikan pelayanan kesehatan yang lebih maksimal kepada masyarakat setempat.

“Berdasarkan surat OJK No 5-48/D.05/2015 tentang Permohonan Persetujuan Izin Penambahan Obyek Pembiayaan Infrastruktur pada PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI), Perseroan memperoleh izin untuk membiayai pembangunan infrastruktur sosial yang salah satunya adalah fasilitas kesehatan, seperti rumah sakit,” kata Astrid dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin. 21 Desember 2015.

Rumah sakit Lavalette merupakan salah satu Rumah Sakit tertua dan terlengkap di Malang, yang berdiri pada tahun 1918 dengan nama “Lavalette Kliniek”. Saat ini RS Lavalette melayani sekitar 22.840 pasien per tahunnya. Angka yang sudah hampir menyentuh batas akhir kapasitas rumah sakit tersebut, dianggap belum mengakomodir kebutuhan pelayanan kesehatan  masyarakat Malang. Oleh sebab itu, PT NSM sebagai pengelola merasa perlu meningkatkan kapasitas dan kualitas yang lebih baik lagi untuk pelayanan RS Lavalette. (*) Ria Martati

Related Posts

News Update

Top News