Sesi I Siang, IHSG Ditutup Naik

Sesi I Siang, IHSG Ditutup Naik

Jakarta – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup naik pada perdagangan sesi I siang ini, Jumat, 13 Oktober 2017, sebesar 8.63 poin atau 0,15 persen ke level 5.934,83.

Aksi beli yang dilakukan investor sejak pagi tadi, membuat indeks selama setengah hari bergerak di zona hijau.

Kendati demikian, indeks masih tetap dihantui koreksi hari ini, seiring aksi ambil untung yang dilakukan investor di sesi II.

Mengutip riset Samuel Sekuritas Indonesia,
Indeks AS sendiri ditutup melemah dengan investor sedang mendalami laporan keuangan perusahaan keuangan yang baru dirilis.

JP Morgan dan Citigroup melaporkan laba bersih kuartal III-2017 yang tercatat di atas ekspektasi. Rilisnya laporan keuangan akan mewarnai indeks AS di bulan Oktober ini.

Dari sisi ekonomi, indeks harga produsen AS tercatat meningkat 0,4 persen secara bulanan di bulan September dan 2,6 persen dalam setahunan di sembilan bulan tahun ini. Sementara jobless claims tercatat sebesar 243.000, terendah dalam sebulan terakhir.

Dari pasar komoditas, harga minyak tercatat menguat tipis ke USD56,4/barel setelah dipenuhi oleh sentimen positif. OPEC memperkirakan surplus persediaan akan berakhir di kuartal III-2028. Hal ini disebabkan oleh penurunan produksi Arab Saudi dan Rusia ditengah stabilnya permintaan. Selain itu, EIA mencatat data persediaan AS turun 2,7 juta barel ke 462,2 juta, turun 2,5 persen yoy. Harga emas menguat ke USD1.294/toz.

Sektor komoditas seperti batubara menjadi sektor yang dinantikan rilis laporan keuangannya melihat dari penguatan harga batubara yang tumbuh 14 persen secara kuartalan ke USD88/ton. (*)

 

 

Editor: Paulus Yoga

Leave a Reply

Your email address will not be published.