Sembilan Bulan, Laba MayBank Melejit 70,7%

Sembilan Bulan, Laba MayBank Melejit 70,7%

Jakarta – PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank) berhasil membukukan laba bersih Rp592 miliar hingga September 2015. Jumlah tersebut melonjak 70,7% jika dibandingkan dengan perolehan diperiode sama tahun sebelumnya Rp347 miliar.

Mengutip laporan keuangan yang dipublikasi Maybank, Jumat, 30 Oktober 2015, perolehan laba terebut didukung pertumbuhan pendapatan Bunga Bersih (NII), Marjin Bunga Bersih (NIM) yang lebih baik, dan pendapatan imbal jasa (fee based income) yang lebih tinggi.  Pendapatan bunga bersih Maybank sendiri sampai September 2015 meningkat 10,5% dari Rp4,3 triliun menjadi Rp4,8 triliun dengan kenaikan NIM menjadi 4,82% dari sebelumnya 4,63%. Sedangkan fee based income meningkat sebesar 12,4% menjadi Rp1,6 triliun per September 2015 dibandingkan periode sama tahun sebelumnya Rp1,4 triliun.

Peningkatan fee based income terutama didukung fee dari advisory activities, asuransi dan transaksi valuta asing.

Sementara dari sisi beban umum dan administrasi hanya meningkat 6,6% meskipun tingkat inflasi tahunan sekitar 7% pada periode yang sama.  Hal ini terutama disebabkan Strategic Cost Management Program yang dilaksanakan di seluruh Bank dalam operasional bisnis harian sebagai upaya untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas. (*) Dwitya Putra

Leave a Reply

Your email address will not be published.