Dolar AS Tertekan, Rupiah Diprediksi Lanjutkan Penguatan

Dolar AS Tertekan, Rupiah Diprediksi Lanjutkan Penguatan

Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan hari ini (27/2) diprediksi bakal melanjutkan penguatannya, menyusul perdagangan dihari sebelumnya rupiah ditutup menguat 8 poin atau 0,06 persen di Rp13.660 per dolar AS.

Analis PT Samuel Sekuritas Ahmad Mikail dalam risetnya di Jakarta, Selasa, 27 Februari 2018 menyebutkan, laju rupiah yang diperkirakan menguat ini sejalan dengan adanya sentimen dari dolar AS yang bergerak melemah dibandingkan mata uang global lainnya.

“Dolar Index diperkirakan bergerak melemah dan rupiah menguat. Dolar kemungkinan bergerak melemah dibandingkan mata uang utama dunia lainnya. Rupiah diperkirakan bergerak di level Rp13.600-Rp13.650 per dolar AS,” ujarnya.

Baca juga: Dolar AS Lanjutkan Pelemahan, Rupiah Diprediksi Stabil

Sentimen negatif yang mendorong dolar AS bergerak melemah, kata dia, lebih disebabkan oleh faktor internal AS, di mana penjualan rumah di AS mengalami kontraksi yang mencapai 8 persen atau jauh di atas ekspektasi analis yang memperkirakan dapat naik sebesar 4 persen.

“Jelang lelang SUN hari ini, juga mendorong rupiah diperkirakan menguat seiring kemungkinan masuknya dana asing di pasar perdana surat utang,” ucapnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.