Revolusi Digital di Perbankan

Revolusi Digital di Perbankan

Jakarta— Revolusi digital yang tengah terjadi saat ini telah mengubah bisnis di industri perbankan. Seiring dengan bisnis pembayaran dan transaksi bank yang terus berevolusi dengan pesat di tengah-tengah inovasi digital dan iklim regulasi yang semakin ketat, bank dapat memenangi persaingan  dengan memanfaatkan infrastruktur dan pengetahuan konsumen mereka yang luas.

“Akan ada gangguan (disruption) yang signifikan maupun kesempatan yang besar selama satu dekade kedepan di sektor pembayaran,” kata Edwin Utama, Partner and Managing Director Boston Consulting Group (BCG) Jakarta.

Di Indonesia terdapat permintaan yang tinggi untuk beragam produk dan layanan keuangan dari masyarakat kurang mampu dan yang belum memiliki rekening bank.

“Walaupun bank-bank terus menghadapi persaingan yang kian intensif, mereka sebenarnya memiliki aset untuk berperan penting dalam perkembangan pasar” terang dia.

Untuk terus memperoleh nilai dari bisnis pembayaran mereka,lanjut dia, perbankan harus mengambil tindakan yang tegas dalam berbagai dimensi, diantaranya, meningkatkan kesempurnaan interface digital, memperluas jangkauan layanan, meningkatkan efektivitas operasi, dan membentuk kemitraan dalam ekosistem pembayaran yang lebih luas. Bank-bank juga perlu mengakui bahwa nilai sektor pembayaran akan semakin cepat terwujud dengan memperdalam hubungan dengan pelanggan, tidak hanya dengan meningkatkan pendapatan secara langsung.

Munculnya telepon pintar (smartphone) dan aplikasi mobile memberikan kesempatan yang unik kepada bank untuk menjawab kebutuhan pelanggan yang semakin berkembang.Pasalnya, konsumen juga terus ingin memiliki peningkatan terhadap kendali yang mereka miliki saat melakukan transaksi perbankan serta peningkatan terhadap visibilitas keuangan mereka.

Ralf Dreischmeier, BCG’s Global leader in the Technology Advantage Practice mengatakan, revolusi digital banyak membawa perubabah di perbankan. Namun, ada satu hal yang tidak berubah yakni bahwa sektor pembayaran dan bisnis transaksi perbankan tetap menjadi sumber penting dari pendapatan yang dapat diandalkan serta menjadi pengikat dari hubungan dengan pelanggan dan loyalitas. “Hal-hal penting dari mereka hanya akan terus tumbuh di dunia digital” pungkas Ralf. (*) Apriyani Kurniasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.