ADB : Reformasi Ekonomi Topang Pertumbuhan RI

ADB : Reformasi Ekonomi Topang Pertumbuhan RI

Jakarta – Asian Development Bank menyebut pertumbuhan ekonomi Indonesia turut di topang oleh reformasi ekonomi yang dilakukan negara ini. Hal itu, membuat ADB memproyeksikan bahwa pertumbuhan ekonomi di Indonesia menguat tahun ini dan tahun depan. Meskipun, perekonomian terbesar Asia Tenggara ini menghadapi beberapa tantangan jangka pendek.

Dalam edisi pembaruan publikasi ekonomi tahunannya, Asian Development Outlook 2016, ADB memperkirakan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) Indonesia pada 2016 sebesar 5,0%. Angka ini turun dari perkiraan ADB pada Maret lalu yang sebesar 5,2%.

(Baca juga : Program Tax Amnesty RI, Paling Sukses di Dunia)

Sementara pada 2017 pertumbuhan ekonomi Indonesia yang masih akan diwarnai oleh proses reformasi ekonomi ini diperkirakan dapat tumbuh sebesar 5,1%. Proyeksi ini turun dari prakiraan sebelumnya sebesar 5,5%. ADB menyebut, penyesuaian prakiraan ini merefleksikan belanja investasi yang lebih rendah dari prakiraan sebelumnya.

“Di tengah situasi yang sulit, ekonomi Indonesia tetap akan tumbuh sehat tahun ini,” ujar Sona Shrestha, Wakil Kepala Perwakilan ADB di Indonesia.

Hal itu, lanjutnya, seiring dengan makin terwujudnya reformasi ekonomi dan reformasi kebijakan di Indonesia, selain karena juga membaiknya momentum pertumbuhan perekonomian negara-negara industri utama.”Besar kemungkinannya kita akan melihat peningkatan ekonomi lebih lanjut di tahun mendatang” ujar Sona.(Bersambung)

Pages: 1 2 3

Leave a Reply

Your email address will not be published.