RAPBN 2019 Fokus Pada Investasi Serta SDM

RAPBN 2019 Fokus Pada Investasi Serta SDM

Jakarta — Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini (16/8) telah menyampaikan usulan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2019 yang disampaikan dalam pidato kenegaraannya dalam Nota Keuangan 2019 di Kompleks DPR RI Jakarta.

Dalam pidatonya Jokowi menjelaskan, Perbaikan struktural terus dipacu dalam upaya mempercepat pertumbuhan ekonomi, memperkokoh daya saing bangsa, memperkokoh ketahanan ekonomi, dan memperkuat pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah.

“Untuk menunjang tujuan tersebut, kebijakan fiskal dan APBN tahun 2019 dirancang dengan tema APBN untuk Mendukung Investasi dan Daya Saing melalui Pembangunan Sumber Daya Manusia,” kata Jokowi di Kompleks DPR RI Jakarta, Kamis 16 Agustus 2018.

Tak hanya itu, Pemerintah juga terus menggiatkan investasi, ekspor, dan pariwisata sebagai mesin pertumbuhan ekonomi yang menciptakan produktivitas, nilai tambah tinggi, dan devisa negara.

Jokowi mengatakan, Tema RAPBN pada tahun 2019 tersebut dapat diwujudkan melalui tiga strategi utama, yaitu mobilisasi pendapatan yang realistis dengan tetap menjaga iklim investasi, peningkatan kualitas belanja agar lebih produktif dan efektif melalui kebijakan value for money untuk mendukung program prioritas, serta mendorong efisiensi dan inovasi pembiayaan.

Gambaran dan proyeksi perekonomian Indonesia yang akan menjadi landasan dalam menyusun Asumsi Dasar Perhitungan RAPBN tahun 2019 diperkirakan masih akan sangat dinamis dan menantang. Namun Pemerintah akan mendorong pertumbuhan ekonomi pada kisaran 5,3 persen. (*)

Related Posts

News Update

Top News