PTPP Infrastruktur Bangun SPAM Lintas Kota Pekanbaru & Kabupaten Kampar

PTPP Infrastruktur Bangun SPAM Lintas Kota Pekanbaru & Kabupaten Kampar

Jakarta – PT PP (Persero) Tbk (PTPP) melalui anak perusahaannya, PT PP Infrastruktur telah menerima Surat
Keputusan Penetapan Pemenang Pengadaan Badan Usaha Kerjasama Penyelenggaraan SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar.

Konsorsium PPMV (PT PP Infrastruktur, Maynilad Water Services Inc dan PT Varsha Zamindo Lestari) merupakan badan usaha
yang dibentuk untuk membangun dan mengelola SPAM Lintas Kota Pekanbaru – Kabupaten Kampar.

SK Penetapan Pemenang Pengadaan Badan Usaha Kerjasama Lintas Kota Pekanbaru-Kab. Kampar diberikan oleh Direktur PT SPR Nasir Day, yang telah ditunjuk sebagai penyelenggara SPAM Regional Provinsi Riau oleh Gubernur Riau, dan diterima oleh Direktur Operasional PT PP Infrastruktur Satya Priambodo, sekaligus sebagai kuasa resmi Konsorsium PPMV.

PT PP Infrastruktur adalah perusahaan investasi, anak usaha PT PP (Persero) Tbk – BUMN terkemuka, yang bergerak di pembangunan dan pengelolaan infrastruktur seperti jalan tol, kawasan industri, pelabuhan, bandara, fiber optic, dan air minum, dimana saat ini proyek air minum merupakan salah satu bisnis utama PT
PP Infrastruktur.

SPAM Lintas Kota Pekanbaru – Kab.Kampar akan melayani +/- 624.000 jiwa (sekitar 102.000 Sambungan Rumah) di 5 kecamatan yaitu: Tampan, Bukit Raya, Marpoyan Damai, Siak Hulu, dan Tambang dengan peningkatan cakupan layanan 0 % di area pelayanan, menjadi 55 % (greenfields) dengan sumber air baku adalah Sungai Kampar. Standar kualitas air adalah air minum sampai di rumah pelanggan, dengan pelayanan 24 jam/hari.

Total nilai investasi yang akan digelontorkan oleh Konsorsium PPMV adalah sebesar +/- Rp1,6 triliun, yang akan meliputi pembiayaan pembangunan Instalasi Pengolahan Air kapasitas output 1000 lpd, beserta seluruh bangunan kelengkapannya, pembangunan pipa transmisi, pembangunan seluruh jaringan distribusi di area pelayanan, serta membantu kedua PDAM untuk peningkatan kinerja dengan adanya ‘twinning program’.

Kerjasama ini akan berlangsung selama 30 tahun antara Konsorsium PPMV dan Divisi Air PT Sarana Pembangunan Riau, PDAM Tirta Siak Kota Pekanbaru dan PDAM Tirta Kampar Kabupaten Kampar.

Pembangunan SPAM Lintas Kota Pekanbaru-Kab. Kampar direncanakan akan dimulai pada tahun 2020 dan diharapkan air minum akan mengalir sampai di rumah pelanggan secara bertahap mulai di tahun 2021. (*)

Related Posts

News Update

Top News