Prospek Menurun, Bank Papua Harus Jaga Kualitas

Prospek Menurun, Bank Papua Harus Jaga Kualitas

Alasan Pefindo menurunkan prospek Bank Papua karena pemburukan kualitas aset dan profitabilitas bank. Dwitya Putra

Jakarta – PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menurunkan prospek PT Bank Papua dari outlook stabil menjadi negatif. Hal ini dikarenakan rasio Non Performing Loan (NPL) perseroan yang tinggi.

Analis Pefindo, Danan Dito mengutarakan, tinggi nya NPL atau rasio kredit macet di Bank Papua tercatat sudah mencapai 7,5%.

“Revisi disebabkan oleh pemburukan kualitas aset dan profitabilitas bank, ” ujar Danan di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu, 29 Juli 2015.

Danan menyampaikan, peningkatan NPL Bank Papua terus terjadi. Pada 2013 NPL-nya mencapai 1,1%. Setahun berikutnya meningkat drastis menjadi 7,3%. Dan posisi Maret 2015 kembali meningkat menjadi 7,5%.

” Bank Papua harus mendorong perbaikan kualitas aset dengan menurunkan NPL secara signifikan,” jelas Danan.

Selain itu, lanjut Danan, Bank Papua juga harus mempertahankan kinerjanya dalam jangka menengah, sebab jika kinerja terus menurun, peringkatnya berpotensi turun kembali. Termasuk biaya provisi yang harus stabil. Adapun biaya provisi Bank Papua per Maret 2015 naik dari Rp73, 9 miliar menjadi Rp552, 7 miliar.
Secara umum kinerja Bank Papua masih terjaga dan masih memiliki ruang untuk pertumbuhan. “Hingga Maret 20145, posisi Capital Adequacy Ratio (CAR) atau permodalan saat ini masih kuat di 18.5%., ” pungkasnya.

(*) @dwitya_putra14

Related Posts

News Update

Top News